Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PILPRES AS 2020: Bloomberg Bantu Biaya Kampanye Biden US$100 Juta

Negara bagian Florida menawarkan bagian terbesar dari suara electoral college yang dibutuhkan untuk menang bagi capres AS.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 14 September 2020  |  07:46 WIB
Michael Bloomberg - Forbes
Michael Bloomberg - Forbes

Bisnis.com, JAKARTA - Miliarder Mike Bloomberg menjanjikan bantuan sedikitnya US$100 juta untuk membantu kampanye calon presiden (capres) asal Partai Demokrat, Joe Biden di Florida dalam kampanye Pilpres AS 2020.

Negara bagian Florida menawarkan bagian terbesar dari suara electoral college yang dibutuhkan untuk menang bagi capres AS.

Bloomberg sebelumnya telah menghabiskan dana US$1 miliar tahun ini saat mencoba untuk mengalahkan Biden untuk menjadi calon presiden asal Demokrat.

Sementara itu, capres Donald Trump telah mengisyaratkan akan membelanjakan uangnya sendiri di negara bagian itu menjelang pembukaan pemungutan suara lebih awal pada 24 September.

Kedua kandidat berlomba untuk menarik pemilih yang mungkin memberikan suara mereka lebih awal melalui pos.

Pemungutan suara melalui pos diperkirakan naik dua kali lipat dari yang terjadi pada tahun 2016, karena pandemi Virus Corona mendorong pemilih untuk menghindari TPS.

Florida menawarkan 29 dari 270 suara electoral college yang dibutuhkan untuk memenangkan pemilihan. Hanya California (55) dan Texas (38) yang menawarkan lebih banyak, tetapi masing-masing dipandang sebagai wilayah Demokrat dan Republik yang aman.

Presiden Trump memenangkan willayah Florida pada 2016, sementara Barack Obama mengambil alih negara bagian itu pada 2012.

"Mike Bloomberg berkomitmen untuk membantu mengalahkan Trump, dan itu akan terjadi di negara bagian medan pertempuran yang panas," kata Kevin Sheekey, penasihat Bloomberg seperti dikutip BBC.com, Senin (14/9/2020).

Dalam sebuah tweet, Donald Trump mengkritik upaya Bloomberg untuk menjadi kandidat Demokrat di mana dia dilaporkan menghabiskan US$409 juta.

"Saya pikir Bloomberg sudah selesai dengan politik Demokrat," tulisnya tentang mantan Wali Kota New York City itu.

Amankan saja suara New York City, katanya.

Awal pekan ini ketika ditanya oleh wartawan apakah dia mempertimbangkan untuk menghabiskan uangnya sendiri di Florida, Trump mengatakan kepada wartawan, "Jika saya harus, saya akan melakukannya. Apa pun yang diperlukan, kita harus menang."

Sang presiden awalnya memiliki dana finansial yang signifikan atas saingannya, tetapi penggalangan dana Biden yang sukses telah menutup kesenjangan tersebut.

Jajak pendapat Cook Political Report pekan ini menunjukkan bahwa persaiangan di Florida semakin ketat dan Trump meningkatkan posisinya dalam perlombaan di sana. Namun, secara nasional Biden memimpin dalam jajak pendapat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Donald Trump Pilpres as 2020 Joe Biden
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top