Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Siswa dan Mahasiswa Jadi Agen Perubahan Perilaku, Ini Dampaknya

Perubahan perilaku di kalangan siswa menjadi penting lantaran jumlahnya yang sangat banyak.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 11 September 2020  |  17:53 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Siswa dan mahasiswa sangat diharapkan menjadi agen perubahan perilaku pencegahan Covid-19 agar dapat mengatasi penyebaran virus.

Harris Iskandar, Ketua Tim Edukasi Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, mengatakan perubahan perilaku di kalangan siswa menjadi penting lantaran jumlahnya yang sangat banyak.

“Kalau komunitas pendidikan ini beres, sepertiga dari masalah negeri ini beres. Kalau kita bisa mengubah peserta didik menjadi agen perubahan protokol kesehatan, kita optimistis akan menang melawan virus ini,” ujarnya dalam media briefing, Jumat (11/9/2020).

Saat ini pihaknya telah menyiapkan kerangka program edukasi perubahan perilaku. Program ini menyasar seluruh pihak yang terlibat, seperti peserta didik, guru, tenaga satuan pendidikan, dan pemerintah daerah. Mereka diarahkan untuk menjadi agen perubahan perilaku protokol kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B. Harmadi mengatakan semakin muda usia seseorang, menunjukkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan semakin rendah. Hal ini lantaran anak-anak cenderung abai.

Dari ketiga protokol kesehatan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak) anak-anak paling sulit menjaga jarak.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta, mayoritas yang berisiko terpapar Covid-19 adalah usia muda dengan rentang umur 19-31 tahun.

“Ini kan baru lulus SMA atau kuliah. Sekarang padahal pembelajaran online. Kenapa mereka yang kena Covid-19, karena mereka cenderung berkumpul mengabaikan protokol kesehatan, dan fisik yang kuat membuat mereka menjadi orang tanpa gejala (OTG),” ujar Sonny.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mahasiswa siswa covid-19
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top