Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Topan Haishen Tiba di Jepang, Pabrik dan Kereta Api Ambil Langkah Antisipasi

Toyota Motor Corp dan Canon Inc. berencana menutup pabrik yang beroperasi di pulau Kyushu mulai hari Senin pekan depan, sedangkan West Japan Railway Co. mengatakan akan menghentikan operasi kereta Sanyo Shinkansen antara Hiroshima dan Hakata.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 06 September 2020  |  10:41 WIB
Seorang warga berlari di tengah hujan deras akibat Topan Trami di Perfektur Naha di Pulau Okinawa Sabtu (29/9/2018). - Retuers/Kyodo
Seorang warga berlari di tengah hujan deras akibat Topan Trami di Perfektur Naha di Pulau Okinawa Sabtu (29/9/2018). - Retuers/Kyodo

Bisnis.com, JAKARTA -  Topan Haishen diperkirakan mencapai daratan Jepang pada akhir pekan ini dan berpotensi memberikan dampak pada sejumlah kegiatan.

Dilansir dari Bloomberg, sejumlah pabrik akan menutup operasional guna mengantisipasi dampak topan tersebut. Toyota Motor Corp dan Canon Inc. berencana menutup pabrik yang beroperasi di pulau Kyushu mulai hari Senin pekan depan.

Topan Haishen juga diperkirakan memengaruhi layanan kereta api dan maskapai penerbangan. Badan Meteorologi Jepang mengatakan topan mungkin mendekat dan mendarat di prefektur Kagoshima di pulau Kyushu selatan pada Minggu malam.

Canon mengatakan akan menghentikan operasi di empat unit manufaktur di tujuh pabrik di Kyushu pada hari Senin. Adapun, Toyota berencana menghentikan operasional pada siang hari di tiga pabrik di Fukuoka di hari yang sama.

Sementara itu, Sony Corp akan menangguhkan operasional pabrik di prefektur Kagoshima, Kumamoto, dan Nagasaki mulai Minggu sore hingga topan berlalu dan peringatan badai dicabut di wilayah tersebut.

Juru bicara Sony mengatakan perusahaan masih mempertimbangkan apakah akan menghentikan kegiatan di pabrik yang berlokasi di prefektur Oita.

Adapun lalu lintas di wilayah sekitar Kyushu juga akan mengalami gangguan. West Japan Railway Co. mengatakan akan menghentikan operasi kereta Sanyo Shinkansen antara Hiroshima dan Hakata di pada hari Senin. Sementara itu, Central Japan Railway Co. mengatakan pihaknya akan menangguhkan atau mengubah tujuan untuk beberapa operasi jaringan kereta berkecepatan tinggi.

Japan Airlines Co. dan ANA Holdings Inc. berencana untuk menangguhkan sebagian atau seluruh penerbangan ke dan dari Okinawa dan Kyushu pada hari Sabtu dan Minggu.

Selain Jepang, Korea Selatan juga meningkatkan kewaspadaan atas topan Haishen. Badan Meteorologi Korea Selatan memperkirakan hujan lebat dan angin kencang diperkirakan terjadi di wilayah pesisir timur provinsi Gyeongsang dan Gangwon.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang topan
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top