Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 Daerah Tidak Beranjak dari Zona Merah, Begini Kondisinya

Pemerintah menyoroti sejumlah daerah yang masih belum bergeser statusnya dari zona merah Covid-19.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  18:28 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito  -  Youtube
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat 10 kabupaten/kota tidak beranjak dari tingkat risiko tinggi Covid-19 atau zona merah selama 4 pekan terakhir. Provinsi yang ikut menyumbang adalah DKI Jakarta, Gorontalo, Kalimantan Selatan, Maluku, Sumatra Utara, dan Jawa Timur.

“Hal ini perlu kita perhatikan bersama. Tidak ada perubahan selama 4 minggu tetap di zona merah,” kata Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (27/8/2020).

Dia menjabarkan ada tiga wilayah di DKI Jakarta dalam zona merah selama 4 pekan terakhir, yakni Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat. Ketiga wilayah mencatat kasus yang menanjak dan pada pekan lalu membukukan jumlah kasus kumulatif tertinggi dengan kasus kematian yang terus menanjak.

“116 kematian dalam waktu satu minggu,” ujar Wiku.

Namun, tingkat kesembuhan di 3 wilayah itu naik menjadi 75 persen.

Pada saat yang sama, Satgas Covid-19 mengapresiasi wilayah DKI Jakarta yang telah melaksanakan tracing dengan baik sehingga pembacaan kondisi melalui data bisa dilakukan dengan cukup baik.

Tugas selanjutnya pemerintah provinsi adalah mengendalikan kasus Covid-19 agar menurunkan tingkat risiko zona menjadi sedang atau rendah.

Wiku melanjutkan wilayah yang masih menjadi zona merah adalah Gorontalo. Penambahan kasus positif di wilayah tersebut sudah turun, tetapi masih dapat ditekan. Wilayah ini juga mencatat kematian dari kasus positif yang masih tinggi.

Berikutnya, Hulu Sungai Tengah di Kalimantan Selatan. Berdasarkan indikasi tingkat risiko, wilayah ini telah mendekati zona sedang.

Menurut Wiku, beberapa hal perlu dilakukan, seperti menekan kasus positif lebih jauh dan mendorong angka kesembuhan. Peningkatan fasilitas kesehatan juga menjadi catatan Satgas Covid-19 untuk wilayah ini.

Adapun dari wilayah timur Indonesia, Ambon, Maluku masuk dalam kategori 10 kabupaten/kota dengan zona merah selama 4 pekan terakhir. Wilayah ini masuk karena kasus positif pekan lalu hanya turun 5,6 persen dari fase puncak. Begitu pula dengan angka kesembuhan yang belum optimal, sementara angka kematian masih dalam fase puncak.

Selanjutnya, Medan, Sumatra Utara mencatat angka kematian masih dalam fase puncak. Seperti wilayah sebelumnya, Medan juga masih perlu meningkatkan persentase kesembuhan karena masih di bawah rata-rata nasional.

“Penanganan kasus di rumah sakit penting, selain deteksi awal agar kasus bisa dirawat lebih cepat,” ungkap Wiku.

Selain Medan, Sumatra Utara juga memiliki satu kabupaten/kota lain, yakni Deli Serdang. Wilayah ini mencatat angka kematian yang masih dalam fase puncak dengan persentase kesembuhan di bawah rata-rata nasional.

Satgas Covid-19 juga mencatat Balikpapan, Kalimatan Timur sebagai wilayah zona merah selama 4 pekan terahir. Balikpapan dalam fase puncak penambahan kasus positif dan juga kasus suspek dalam perawatan.

Terakhir, Sidoarjo di Jawa Timur berada dalam daftar karena dalam fase puncak penambahan kasus positif dan penambahan angka kematian. Wilayah ini juga belum berhasil menekan kasus suspek dalam perawatan dari fase puncak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top