Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kim Jong-un Dikabarkan Koma, Kepemimpinan Korut Digantikan Kim Yo-jong

Ini bukan pertama kali Kim Jong-un menghilang dari hadapan publik. Sebelumnya, absennya Kim Jong-un selalu dikaitkan dengan kondisi kesehatan pemimpin Korut itu.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 24 Agustus 2020  |  16:50 WIB
Kim Jong Un - istimewa
Kim Jong Un - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan dalam keadaan koma. Sementara itu, saudara perempuannya Kim Yo-jong disebut akan melakukan kontrol secara de facto masalah nasional dan internasional.

Chang Song-min, mantan ajudan Presiden Korea Selatan dua dekade lalu Kim Dae-jung mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara akan mempercayakan otoritasnya kepada orang lain.

“Saya menilai dia [Kim Jong-un] sedang koma, tapi hidupnya belum berakhir,” katanya kepada The Korea Herald, dikutip dari Hindustan Times, Senin (24/8/2020).

"Struktur suksesi lengkap belum terbentuk, jadi Kim Yo-jong dikedepankan karena kekosongan tidak dapat dipertahankan untuk waktu yang lama,” tuturnya.

Fox News menyebut bahwa tuduhan Chung muncul hanya beberapa hari setelah agen mata-mata Korea Selatan mengatakan pemimpin Korut berusaha 36 tahun itu telah mendelegasikan sebagian dari wewenangnya kepada para pembantu dekatnya, termasuk adik perempuannya.

Namun masih terdapat keraguan dari klaim Chang. Terlebih ini bukan pertama kali Kim Jong-un menghilang dari hadapan publik. Pada waktu-waktu sebelumnya, ketidakmunculan Kim Jong-un selalu dikaitkan dengan kondisi kesehatan pemimpin Korut itu.

Pada April lalu misalnya, Kim Jong-un dikabarkan menjalani operasi jantung setelah dirinya tidak terlihat di muka umum selama hampir tiga minggu.

Sementara itu, pemerintah Korea Utara tidak pernah menjelaskan ketidakhadiran Kim, termasuk saat dirinya diketahui tidak hadir dalam peringatan ulang tahun ke-108 mending kakeknya, pendiri Korea Utara Kim Il-sung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Korea Utara kim jong un
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top