Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sampaikan Pidato di Sidang Tahunan MPR RI, Ini Catatan Jokowi Untuk MK

Sepanjang 2019 hingga awal tahun 2020, Presiden Jokowi menyatakan Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan 122 perkara pengujian undang-undang.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 14 Agustus 2020  |  12:20 WIB
Presiden Joko Widodo mengenakan kain tenun khas Sabu Raijua dari NTT saat mengahadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Biro Pers Sekretariat Presiden - Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo mengenakan kain tenun khas Sabu Raijua dari NTT saat mengahadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Biro Pers Sekretariat Presiden - Muchlis Jr

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan sejumlah catatan atas kinerja Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang tahunan MPR RI. Sejumlah hal yang disoroti Jokowi di antaranya kecepatan dan kecermatan kerja lembaga konstitusional tersebut.

Dia mengatakan MK telah berhasil mempercepat jangka waktu penyelesaian perkara pengujian undang-undang dari waktu penyelesaian 101 hari kerja per perkara pada 2017 menjadi rata-rata 59 hari kerja per perkara.

Sepanjang 2019 hingga awal tahun 2020, lanjutnya, MK telah menyelesaikan 122 perkara pengujian undang-undang.

Pada saat yang sama, kata Jokowi, perluasan kerja sama di dalam maupun di luar negeri terus ditingkatkan oleh lembaga tersebut dengan aktif menginisiasi serta mengkoordinasi berbagai kegiatan di tingkat regional maupun global.

"Agar sistem hukum kita dijadikan rujukan bagi negara-negara demokrasi di berbagai penjuru dunia," ujar Jokowi di sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD RI, Jumat (14/8/2020).

Selain itu, Jokowi mengatakan MK juga terus memperbaiki tata kelola dan meningkatkan pemanfaatan layanan elektronik untuk melayani masyarakat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi mahkamah konstitusi Sidang Tahunan MPR RAPBN 2021 Nota Keuangan 2021
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top