Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Puan Tiru Kalimat Soekarno Usai Proklamasi Kemerdekaan

Puan membacakan kembali kalimat dari Proklamator Indonesia Bung Karno sesaat setelah menyampaikan pidato teks proklamasi 17 Agustus 1945.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 14 Agustus 2020  |  11:35 WIB
Ketua DPR Puan Maharani membacakan pidato saat acara sidang tahunan MPR di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - TV Parlemen
Ketua DPR Puan Maharani membacakan pidato saat acara sidang tahunan MPR di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - TV Parlemen

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan bahwa peringatan HUT Ke-75 RI dimaksudkan merefleksikan kembali perjalanan panjang bangsa. Dia juga mengulang kembali kalimat Soekarno pascapembacaan proklamasi.

Saat memberikan pidato pembukaan dalam sidang tahunan MPR DPR 2020, Puan menyebut bahwa momen perjalanan bangsa penuh dengan dialektika dalam menghadirkan dinamika dan membentuk romantika yang bermuara pada perdaban bangsa dan negara.

Puan membacakan kembali kalimat dari Proklamator Indonesia Bung Karno sesaat setelah menyampaikan pidato teks proklamasi 17 Agustus 1945.

“Kita sekarang telah merdeka. Tidak ada satu ikatan lagi yang mengikat tanah air kita. Mulai saat ini, kita menyusun Negara Kita! Negara Merdeka, Negara Republik Indonesia, merdeka kekal dan abadi. Insya Allah, Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu!” ?

“Indonesia Merdeka, sejatinya adalah Penentuan nasib bangsa dan tanah air di dalam tangan kita sendiri, untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, adil dan makmur,” katanya membacakan kalimat Bung Karno, Jumat (14/8/2020).

Dia menyebutkan bahwa peringatan hari kemerdekaan dimaksudkan selain untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga agar Indonesia merdeka dan bebas dari belenggu penjajahan.

Puan menuturkan saat ini telah panjang perjalanan bangsa Indonesia dalam membangun kekuatan untuk dapat menentukan nasib bangsa dan tanah air sendiri.

Selama puluhan tahun membangun kekuatan tersebut lanjutnya, Bangsa Indonesia telah mengalami berbagai perkembangan.

“Baik dari sisi tata negara, sistem demokrasi, sistem pemerintahan, pola pembangunan, administrasi pemerintahan, serta hubungan antar lembaga negara,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

soekarno puan maharani HUT RI
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top