Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wartawan Kategori A, B, C dan D di Sidang Tahunan MPR 2020

Suasana peliputan kegiatan sidang tahunan yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wapres Ma’ruf Amin dan para menteri Kabinet Indonesia Maju, juga terlihat berbeda.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 14 Agustus 2020  |  10:27 WIB
nSebagian awak media dan tamu terlihat mengikuti Sidang Tahunan MPR melalui layar lebar di Lobby Nusantara II Gedung DPR, Jumat (14/8/2020). JIBI - Bisnis/John Andi Oktaveri\n
nSebagian awak media dan tamu terlihat mengikuti Sidang Tahunan MPR melalui layar lebar di Lobby Nusantara II Gedung DPR, Jumat (14/8/2020). JIBI - Bisnis/John Andi Oktaveri\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Sidang Tahunan MPR hari ini, Jumat (14/8/2020), tidak saja sepi dari kehadiran para anggota DPR dan DPD, tapi juga tidak banyak dihadiri para awak media yang bisanya meliput di lingkungan kompleks Parlemen, karena wabah Covid-19.

Saat menyampaikan pidatonya, Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan bahwa kehadiran secara fisik dari anggota MPR yang terdiri dari gabungan anggota DPR dan DPD hanya sebanyak 161 orang.

Adapun 274 lainnya mengikuti kegiatan sidang secara virtual atau tidak hadir langsung di Senayan.

"Sesuai catatan daftar hadir yang disampaikan Sekretariat Jenderal, sampai saat ini telah hadir secara fisik 161 anggota, dan kehadiran virtual 274 anggota yang diundang hadir pada hari ini baik yang fisik maupun virtual dan telah menanda tangani daftar hadir," kata Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat membuka sidang.

Sebagai catatan, jumlah anggota MPR adalah 711 orang yang teridiri dari 575 anggota DPR dan 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Sebanyak 136 anggota DPD berasal dari 34 provinsi dengan empat anggota untuk setiap provisni. 

Suasana peliputan kegiatan sidang tahunan yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wapres Ma’ruf Amin dan para menteri Kabinet Indonesia Maju, juga terlihat jauh berbeda.

Sidang tahunan juga tidak diramaikan oleh gerai aneka produk kerajinan maupun makanan dan minuman.

Menurut Sekretaris Koordinatoriat Wartawan Parlemen, DPR, Fereddy Batari, dari 323 awak media yang terdaftar di bagian Hubungan Masyarakat (Humas) DPR, hanya sekitar 75 wartawan saja yang terlibat pelipuan langsung.

Dia juga mengakui ketatnya persyaratan kesehatan Covid-19 membuat kegiatan sidang tahunnan MPR sepi peliputan langsung.

Selain mengikuti sidang tahunan lewat layar lebar yang disediakan di ruang Lobby Nusantara II, para awak media juga banyak mengakses situs media sosial yang disediakan DPR.

Dari pantauan di lapangan, para wartawan yang mendapatkan ID Pers kategori “D” atau yang biasa sehari-hari liputan di Senayan, juga tidak dapat masuk ke arena sidang tahunan maupun bagian balkon ruang Paripurna.

 Para awak media yang telah menjalani rapid test tersebut hanya bisa meliput di seputaran lobby bawah gedung DPR.

Adapun  para awak media pemegang ID Pers kategori A, B, dan C bisa meliput di balkon ruang Paripurna dengan syarat telah mendapatkan surat keterangan test swab wabah Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi mpr Sidang Tahunan MPR covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top