Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Filipina akan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Buatan Avigan

Uji klinis dicanangkan berlangsung mulai Senin 17 Agustus 2020.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 12 Agustus 2020  |  15:46 WIB
Petugas kesehatan mengambil sampel darah di pusat tes Covid-19 di Metro Manila, 8 Juli 2020 - Bloomberg\n
Petugas kesehatan mengambil sampel darah di pusat tes Covid-19 di Metro Manila, 8 Juli 2020 - Bloomberg\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Filipina telah menyepakati kerja sama uji klinis terhadap vaksin Covid-19 bikinan Avigan, perusahaan farmasi asal Jepang yang berada di bawah naungan grup konglomerasi Fujifilm Holdings Corp.

"Prosedur pengaturan pengetesan sedang disusun, sehingga uji klinis dapat segera dimulai di sini, di Filipina," ujar Sekretaris Kesehatan Filipina Rosario Vergeire seperti diwartakan Bloomberg, Rabu (12/8/2020).

Pemerintah menargetkan uji klinis bakal dilakukan di 4 rumah sakit asal Manila mulai awal pekan depan, tepatnya pada Senin (17/8). Total akan ada 100 relawan yang bakal disuntik vaksin dengan rentang usia 18-74 tahun.

Uji klinis tersebut rencananya bakal dilakukan dalam 3 tahap selama 9 bulan. Artinya, kemungkinan vaksin baru akan siap pada Mei 2021.

Dalam sepekan terakhir, Filipina memang mempergencar strategi mereka untuk bekerja sama dengan negara yang lebih modern terkait pengembangan virus. Sikap ini dipilih setelah Presiden Rodrigo Duterte menyatakan bahwa membuat vaksin dari nol adalah hal yang mustahil untuk dilakukan negaranya.

Duterte sebelumnya juga berupaya mendekati Rusia, yang pada Selasa (11/8) mengklaim telah berhasil merampungkan formula akhir vaksin mereka. Vaksin tersebut dikembangkan oleh Gamaleya Institut.

Terlepas dari kontroversinya, Duterte mengaku siap bila dirinya sendiri harus menjadi relawan.

"Silakan suntikkan [vaksin Rusia] kepada saya. Saya sendiri siap. Bila itu manjur untuk saya, artinya itu juga akan mujarab untuk orang lain," tuturnya dalam konferensi pers Selasa (11/8).

Sampai Rabu (12/8) hari ini total kasus positif Covid-19 di Filipina mencapai lebih dari 140.000, dengan 68.432 orang dinyatakan sembuh. Total kematian akibat Covid-19 di negara tersebut adalah 2.312 jiwa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

filipina vaksin covid-19

Sumber : Bloomberg

Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top