Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Mahmoud Abbas Apresiasi Dukungan Indonesia pada Rakyat Palestina

Presiden Abbas secara khusus menghubungi Presiden Jokowi untuk menyampaikan informasi terbaru terkait kondisi kemanusiaan di Palestina.
Mahmoud Abbas/JIBI
Mahmoud Abbas/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Mahmoud Abbas mengungkapkan apresiasi kepada Indonesia yang telah memberikan dukungan kepada perjuangan rakyat Palestina setelah ancaman aneksasi oleh Israel di wilayah Tepi Barat.

Hal ini disampaikan dalam percakapan telepon antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Selasa (28/7/2020).

Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Ahmad Rizal Purnama mengatakan Presiden Abbas secara khusus menghubungi Presiden Jokowi untuk menyampaikan informasi terbaru terkait kondisi kemanusiaan di Palestina.

"Presiden Abbas menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Bapak Presiden Jokowi dengan komitmen Indonesia yang sangat tinggi untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina," ujarnya dalam press briefing, Kamis (30/7/2020).

Presiden Abbas juga menyampaikan bahwa posisi jajaran politik Palestina, termasuk Hamas dan Fatah yang berseteru - sama untuk menolak aneksasi di Tepi Barat.

Bahkan pemerintah Palestina telah siap untuk melakukan perundingan kembali untuk menyelesaikan konflik antara Palestina dan Israel dalam kerangka multilateral.

"Presiden Abbas juga minta dukungan Indonesia agar dapat mendukung proses tersebut," kata Rizal.

Dalam hal ini, Presiden Jokowi menegaskan dukungan bangsa Indonesia terhadap penolakan aneksasi oleh Israel karena hal itu melanggar hukum internasional. Indonesia melalui diplomasinya juga terus melakukan upaya mobilisasi internasional agar ikut menolak aneksasi oleh Israel.

Dukungan Indonesia juga terlihat dari penolakan tegas terhadap rencana beberapa kedutaan ataupun negara yang ingin memindahkan kantornya ke Yerussalem.

Dukungan Indonesia tidak hanya dilakukan secara politik, tetapi juga berupa pendanaan senilai US$1 juta dolar untuk penanganan pandemi Covid-19.

Pendanaan disalurkan baik secara langsung kepada pemerintah Palestina maupun Palang Merah Internasional dan Agensi PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper