Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bayi Dibuang dalam Kardus, Pelaku Terekam CCVTV Naik Mobil

Bayi berumur dua hari dibuang di dalam kardus di Kecamatan Godean Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimwa Yogyakarta (DIY). Pelaku terekam kamera CCT (closed circuit television) menggunakan mobil saat beraksi.
Lajeng Padmaratri
Lajeng Padmaratri - Bisnis.com 29 Juli 2020  |  15:36 WIB
Ilustrasi. - Freepik
Ilustrasi. - Freepik

Bisnis.com, SLEMAN - Bayi berumur dua hari dibuang di dalam kardus di Kecamatan Godean Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimwa Yogyakarta (DIY). Pelaku terekam kamera CCT (closed circuit television) menggunakan mobil saat beraksi.

Bayi laki-laki ditemukan terbungkus kardus di depan rumah seorang warga di Dusun Berjo Kulon, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Sleman pada Rabu (29/7/2020) pagi sekitar pukul 07.15 WIB.

Setiyo Sudarminto, 68, warga yang menemukan bayi tersebut mengaku penemuan bayi itu bermula ketika dirinya tengah menyapu halaman rumahnya. Saat menyapu, ia mendapati ada kardus yang diletakkan di kursi depan rumahnya.

Semula, ia mengira kardus itu merupakan berkat kenduri dari tetangganya. Namun, begitu kardus dibuka, ia terperangah mendapati bayi laki-laki yang ada di dalamnya.

"Baru nyapu, kok ada kardus di atas kursi. Pikiran saya itu berkat kenduri. Tak buka ternyata bayi, lha saya kaget. Saya langsung panggil ponakan saya untuk dibersihkan dan dijemur," kata Setiyo ketika ditemui di rumahnya di Dusun Berjo Kulon, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Sleman, pada Rabu (29/7/2020), seperti dilaporkan Harianjogja.com.

Saat ditemukan, bayi yang ia perkirakan berusia sekitar dua hari itu dalam kondisi sudah bersih dan berpakaian rapi. Hanya saja, kulit bayi tampak kebiruan karena kedinginan sehingga pihaknya meminta keponakannya menjemur bayi itu di bawah matahari.

Pemilik usaha produksi genteng di Godean ini juga mengecek CCTV atau kamera pengawas yang terpasang di depan rumahnya. Dari rekaman, tampak sebuah mobil Suzuki berhenti di depan rumahnya antara pukul 01.00 - 02.00 WIB. "Nggak kelihatan orangnya, mobilnya juga nggak. Orang yang naruh cukup berani karena depan rumah saya lampu nyala terang," kata dia.

Ia menambahkan, di kardus tersebut tertulis pesan dari orang tua bayi sebagai berikut "Izinkan saya menitipkan anak saya. Mohon sayangi ia sebagaimana saya menyayanginya. Tolong besarkan ia sebagaimana saya ingin membersarkannya. Berilah ia yang terbaik."

Saat ini, bayi yang ditemukan Setiyo itu tengah dirawat di Puskesmas Godean 1. Pihak Polsek Godean juga tengah melakukan penelusuran identitas orang yang meninggalkan bayi tersebut.

Kapolsek Godean, Kompol Paino membenarkan bahwa terjadi penemuan bayi yang diketahui berjenis kelamin laki-laki itu di wilayah hukumnya. Pihaknya telah meminta keterangan dari dua orang saksi yaitu Setiyo dan keponakannya, Endah Tri Utami, 30.

"Kami masih lakukan penyelidikan leboh lanjut. Barang bukti serta kesaksian kedua orang yang menemukan kami dijadikan petunjuk untuk mengungkap terduga pembuangan bayi ini," kata Paino.

Ingin Adopsi

Kepada media, Setiyo berharap bisa mengadopsi bayi laki-laki yang ditinggalkan di depan rumahnya. Ia tengah mengurus hal ini supaya bisa mengadopsi anak tersebut. Niatnya, anak tersebut akan ia rawat karena kedua anaknya saat ini sudah tinggal terpisah di luar kota.

"Itu kan istilahnya sudah dititipkan, jadi mereka sudah nggak mau ngurus. Kalau soal asal usul itu biar urusan polisi aja. Soalnya dulu sempat kami rasan-rasan rumah sebesar ini kok sepi, eh kok ya ada yang naruh bayi di depan rumah," kata pensiunan PNS ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sleman bayi cctv
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top