Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wabah Corona, Muhammadiyah: Salat Iduladha Bisa Berjamaah

Begini ketentuan salat Idualadha berjamaah menurut Muhammadiyah
Kurniawan
Kurniawan - Bisnis.com 27 Juli 2020  |  09:06 WIB
 Jemaah Tarekat Naqsabandiyah melaksanakan salat idul Adha Sabtu (10/9/2016) - Antara
Jemaah Tarekat Naqsabandiyah melaksanakan salat idul Adha Sabtu (10/9/2016) - Antara

Bisnis.com, SOLO - Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Solo memperbolehkan warga Salat Iduladha berjamaah di tanah lapang (lapangan) pada Jumat (31/7/2020) mendatang.

Tapi, pelaksanaan Salat Iduladha harus dengan penerapan protokol kesehatan secara disiplin mengingat beberapa hari terakhir angka kasus Covid-19 meningkat tajam.

"Karena peningkatan kasus Covid-19 di Solo, untuk Salat Iduladha bisa dilaksanakan di rumah masing-masing. Kalau digelar di tempat umum diimbau tidak dalam jumlah besar," ujar Ketua PD Muhammadiyah Solo, Subari, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (26/7/2020).

Menurut dia, pemecahan jamaah Salat Iduladha di Solo menjadi kelompok-kelompok kecil itu sesuai edaran dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

"Selain itu kami dari PD Muhammadiyah Solo memberikan penekanan agar Salat Iduladha dilakukan di tempat yang terjaga higienitasnya," kata dia.

Panitia Salat Iduladha harus menjaga kebersihan tempat salat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Seperti dengan menyiapkan thermogun, menjaga jarak antar jemaah, serta mewajibkan jemaah memakai masker.

Selain itu durasi ceramah atau khotbah diperpendek. "Untuk salatnya pun tidak lama-lama," urai dia.

Kebijakan membolehkan Salat Idul Adha di tanah lapang, menurut Subari, selaras dengan kebijakan Pemkot Solo.

Sebelumnya, pada Hari Raya Idulfitri, pemerintah meniadakan Salat Id berjamaah di tanah lapang yang mengundang kerumunan dalam jumlah besar.

Hanya di daerah dengan zona risiko Covid-19 rendah atau zona hijau yang boleh menjalankan Salat Idulfitri berjamaah, itu pun jumlah pesertanya dibatasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

muhammadiyah iduladha

Sumber : JIBI

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top