Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Simak UI Ekstensi Tes Daring Hari Ini, Begini Tata Caranya

Universits Indonesia mulai menggelar Simak (Seleksi Msuk) pada Minggu (26/7/2020). Beginji tata caranya.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 26 Juli 2020  |  09:44 WIB
Gedung Rektorat Ubiversitas Indonesia/Antara - Feru Lantara
Gedung Rektorat Ubiversitas Indonesia/Antara - Feru Lantara

Bisnis.com, JAKARTA – Para lulusan D3 yang ingin melanjutkan ke jenjang S1 di Universitas Indonesia bakal melaksanakan ujian Seleksi Masuk UI hari ini, Minggu (26/7/2020). Lantaran sedang pandemi virus corona, ujian dilakukan secara daring, dan begini tata caranya:

Pertama, peserta diminta agar bisa menyiapkan perangkat ujian berupa laptop/desktop yang disertai webcam, atau bisa menggunakan telepon genggam atau tablet dengan resolusi minimal 1.280x720 px.

Selain itu, peserta ujian diminta menggunakan browser Firefox 78 atau Chrome 83 dan memastikan koneksi internetnya stabil dan baik selama ujian berlangsung. Peserta yang tidak menggunakan komputer dengan spesifikasi tersebut tidak bisa mengikuti ujian karena aplikasinya tidak mendukung.

“Pastikan koneksi internet anda baik. Simak UI tidak bertanggung jawab atas permasalahan yang disebabkan oleh koneksi internet peserta,” tulis akun @univ_indonesia di instagram, Sabtu (25/7/2020).

Dengan melakukan ujian daring ini, pihak UI tetap memastikan semua berjalan aman, karena monitoring bisa dilakukan melalui kamera yang terpasang pada perangkat peserta.

Adapun, waktu ujian mengikuti Waktu Indonesia bagian Barat, sehingga peserta dari wilayah Tengah atau Timur Indonesia harus menyesuaikan waktunya. Kemudian, meskipun ujian dilakukan secara daring, peserta juga diharapkan tetap mencetak kartu ujian, untuk mengetahui nomor ujian dan alamat website ujian.

Kemudian, perserta ujian diminta agar mengerjakan soal di ruangan sendiri tanpa ada orang lain di ruangan tersebut. Selain itu, karena pengawas bisa melakukan monitoring menggunakan webcam, peserta juga diharapkan tidak membuka catatan atau mencari jawaban di internet, bertanya kepada orang lain, atau diwakilkan saat mengerjakan ujian.

Dengan ujian daring ini, peserta juga dilarang untuk mengambil gambat atau menyalin dan menyebarkan soal ujian. Peserta juga tidak diperbolehkan menggunakan kalkulator dan menyiapkan alat tulis serta kertas kosong untuk menghitung soal hitungan.

Meskipun di rumah saja, peserta ujian juga harus tetap berpakaian rapi dan menempelkan kertas ukuran 20 x 10 cm pada baju yang menunjukkan kode sesi ujian.

Ujian Simak UI hanya berlangsung pada waktu yang ditentukan, tidak ada tambahan wakti bagi peserta yang terlambat atau mengalami gangguan koneksi internet dan gangguan teknis lainnya.

“Bagi peserta yang melakukan pelanggatan akan diberikan sanksi berupa pembatalan hasil seleksi,” tulis akun Instagram Universitas Indonesia.

Untuk jenjang S1 ekstensi ini, pendaftaran sudah diselenggarakan mulai 19 Juni -19 Juli 2020. Sebagai persyaratan pendaftaran, peserta diminta mengunggah foto, mengisi data diri, pendidikan terakhir, unggah salinan ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi, dan melakukan pembayaran.

Adapun, biaya pendaftaran untuk Program S1 Ekstensi/Paralel untuk lulusan D3 sebesar Rp650.000 dengan 1 pilihan program studi. Sementara itu, untuk materi ujian terdiri dari Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

universitas indonesia
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top