Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Konpers Harian Corona Ditiadakan, Jubir Satgas Covid-19 Wiku Bantah Tutup Data

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menampik tudingan ihwal upaya pemerintah menutupi data riil Covid-19 dengan tidak lagi diumumkannya perkembangan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 harian melalui media konferensi pers.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  11:56 WIB
Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Profesor Wiku Adisasmito (kanan) dan Tim Komunikasi Satgas Penanggulangan Covid-19 dokter Reisa Broto Asmoro di Kantor Presiden, Jumat (24/7/2020). JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Profesor Wiku Adisasmito (kanan) dan Tim Komunikasi Satgas Penanggulangan Covid-19 dokter Reisa Broto Asmoro di Kantor Presiden, Jumat (24/7/2020). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 kembali menegaskan tidak bakal mengumumkan perkembangan kasus harian Covid-19 secara nasional melalui konferensi pers.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menampik tudingan ihwal upaya pemerintah menutupi data riil Covid-19 dengan tidak lagi diumumkannya perkembangan  kasus terkonfirmasi positif  Covid-19 harian melalui media konferensi pers.

“Tidak ada maksud menutupi data, mari kita dorong transparansi publik dan silahkan masyarakat ikut mengontrol apabila ada kondisi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya,” kata Wiku saat memberi keterangan pers secara virtual dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jakarta, pada Jumat (24/7/2020).

Wiku menegaskan perkembangan data harian kasus Virus Corona penyebab Covid-19 dapat diakses pada laman www.covid19.go.id/petasebaran. Laman itu, dia menuturkan, dapat diakses oleh masyarakat luas termasuk media.

“Data-data itu akan diumumkan rutin dan ini tergantung dari pengiriman data dari kementerian kesehatan yang melakukan verifikasi keseluruhan data nasional yang masuk,” ujarnya.

Dengan demikian, menurut dia, pihaknya tengah berupaya agar penyampaian data harian dapat dilakukan secara real time. Wiku mengatakan, data yang disampaikan tidak berbeda dengan milik pemerintah daerah.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Didik Budijanto menampik dugaan adanya upaya menutupi data dan informasi terkait penanganan Covid-19 di Indonesia.

“Terus terang saja, tidak ada yang tertutupi,” kata Didik saat memberi keterangan pers di Graha Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), Jakarta, pada Selasa (28/4/2020).

Ihwal perbedaan data, dia menerangkan, hal itu terjadi ketika proses pengolahan data dari laboratorium jejaring dan dinas kesehatan daerah sampai ke Public Health Emergency Operation Center (PHEOC) Kemenkes terjadi  pada saat cut off point time yaitu per jam 12 siang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top