Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seleksi Mandiri Unpad 2020: Bisa Daftar Tanpa Nilai UTBK

Calon peserta ujian mandiri Unpad bisa menggunakan nilai dari UTBK SBMPTN tahun 2020 atau melakukan ujian Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) secara daring.
Universitas Padjajaran (Unpad)/unpad.ac.id
Universitas Padjajaran (Unpad)/unpad.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA – Masih ada kesempatan bagi lulusan SMA untuk mendaftarkan diri ke Universitas Padjadjaran (Unpad).

Selain melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Unpad juga menggelar ujian mandiri.

Mengutip smup.unpad.ac.id, calon peserta ujian mandiri Unpad bisa menggunakan nilai dari UTBK SBMPTN tahun 2020 atau melakukan ujian Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) secara daring.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan pendaftaran secara umum adalah warga negara Indonesia (WNI) dan merupakan Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C Tahun 2018, 2019, atau 2020.

Tata cara pendaftarannya, calon peserta ujian daring bisa mendaftar dan mengisi data secara daring melalui laman pendaftaran.unpad.ac.id dengan cara mengsi informasi data diri dan membuat akun untuk login ke portal peserta SMUP.

Setelah memiliki akun, calon peserta akan diminta melengkapi data kewarganegaraan, mengunggah dokumen seperti ijazah SMA/MA/SMK/Paket C, kartu peserta UTBK Tahun 2020 bagi peserta yang memilih metode seleksi dari nilai UTBK, pasfoto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm, KTP, dan kartu keluarga.

Selanjutnya, calon peserta akan diminta membayarkan biaya pendaftaran ke bank yang ditunjuk Unpad dengan menggunakan nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran online.

Calon peserta ujian mandiri akan dikenakan biaya pendaftaran senilai Rp100.000 untuk peserta yang menggunakan nilai UTBK, atau Rp150.000 untuk peserta yang akan mengikuti ujian secara daring.

Setelah itu, tes akan dilakukan secara daring, pada 8-9 Agustus menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Adapun, untuk mengikuti ujian daring, peserta harus menggunakan perangkat berupa laptop dengan spesifikasi minimal Windows 10, CPU Intel i3 atau setara, RAM 4 GB, WebCam yang berfungsi baik, penyimpanan bebas 1 GB, dan internet berkecepatan 1 Mbps dengan kuota internet 2 GB.

Pendaftaran dan pembayaran biaya seleksi, pengisian data dan unggah dokumen persyaratan masih bakal dibuka sampai 4 Agustus 2020 mendatang dan hasil tes akan diumumkan pada 23 Agustus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper