Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Arab Saudi Tetapkan Iduladha 31 Juli, Indonesia Sama?

Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan bahwa salat Iduladha akan dilaksanakan pada Jumat 31 Juli 2020. Apakah tanggal Iduladha di Indonesia akan sama dengan Arab Saudi, yang memiliki perbedaan waktu 4 jam dengan Jakarta?
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  07:03 WIB
Umat Muslim mengelilingi Kabah di Mekah, Arab Saudi. - Bloomberg\n
Umat Muslim mengelilingi Kabah di Mekah, Arab Saudi. - Bloomberg\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan bahwa salat Iduladha akan dilaksanakan pada Jumat 31 Juli 2020.

Apakah tanggal Iduladha di Indonesia akan sama dengan Arab Saudi, yang memiliki perbedaan waktu 4 jam dengan Jakarta?

Seperti dikutip ArabNews.com, lembaga yang punya otoritas untuk urusan keagamaan itu menyatakan bahwa bulan Zulhijjah akan masuk pada hari Rabu, 22 Juli. Sedangkan Hari Arafah jatuh pada Kamis, 30 Juli sehingga umat Muslim menyelanggarakan salat Idul Adha pada 31 Juli.

Jemaah calon haji yang dipilih untuk melakukan haji tahun ini memulai karantina tujuh hari pada Minggu, menurut Kementerian Haji dan Umrah.

Langkah itu merupakan bagian dari serangkaian upaya perlindungan yang diambil untuk memastikan keamanan jamaah haji selama beribadah di tengah pandemi Covid-19 yang sedang terjadi.

Otoritas Arab Saudi telah mengambil semua langkah untuk memastikan keselamatan dan keamanan para jemaah. Sebuah barikade pengamanan akan dibuat untuk mencegah jemaah ilegal memasuki kota suci, kata Mayjen Eid bin Saad Al-Otaibi, direktur polisi di wilayah Mekah.

Dia mengatakan langkah-langkah telah diambil di semua pos pemeriksaan menuju kota Mekah.

Kepala polisi mengatakan selain pos yang sudah ada, banyak pos pemeriksaan baru telah didirikan di jalan beraspal yang mengelilingi kota suci dan situs lainnya. Patroli juga dilakukan dikirim di sepanjang jalan utama menuju Mekah untuk mencegah pelanggar memasuki kota.

Al-Otaibi mengatakan bahwa sebanyak 32 zona terbatas telah dibentuk, termasuk satu untuk berpatroli dan memantau setiap pelanggaran haji.

Pemindaian aktif terhadap lembah, gunung, dan rumah peristirahatan di sekitarnya juga telah dilakukan untuk menghentikan siapa pun yang menyelinap ke Mekah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iduladha arab saudi
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top