Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Citra Satelit Luwu Utara Sebelum & Sesudah Banjir Bandang

Hasil citra satelit menunjukkan banjir bandang melalui Kecamatan Sabbang, Masamba, Baebunta, Malangke, dan Malangke Barat.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 19 Juli 2020  |  17:26 WIB
Citra satelit Kota Masamba di Luwu Utara, Sulsel sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) banjir bandang. - Foto/foto/Lapan
Citra satelit Kota Masamba di Luwu Utara, Sulsel sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) banjir bandang. - Foto/foto/Lapan

Bisnis.com, JAKARTA — Banjir di Kota Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan menyebabkan kerusakan yang sangat besar.

Kerusakan ini dipantau oleh satelit Spot-6 dan Pleiades pada 17 Juli 2020 yang diterima oleh Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Lapan di Parepare.

banjir Luwu

Data ini, seperti dikutip dati laman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Sabtu (18/7/2020) kemudian diolah oleh Tim Lapan di Jakarta dan disandingkan dengan data satelit Spot-7 sebelum kejadian tanggal 4 Oktober 2019.

Hasil menunjukkan banjir bandang ini melalui Kecamatan Sabbang, Masamba, Baebunta, Malangke, dan Malangke Barat.

Di wilayah terdampak banyak terdapat bangunan di permukiman yang dilalui oleh banjir bandang, selain itu juga banyak wilayah persawahan dan perkebunan yang rusak karena terendam oleh lumpur.

Pada citra satelit, wilayah yang dilalui banjir bandang ini berwarna coklat karena keberadaan lumpur atau tanah yang mengering setelah 4 hari kejadian bencana.

Data satelit juga menunjukkan adanya titik-titik longsor yang cukup banyak di wilayah hulu Sungai Sabbang, Sungai Radda, dan Sungai Masamba. Kondisi ini perlu diwaspadai untuk antisipasi kejadian bencana berikutnya.

Tim Lapan akan terus mengolah data satelit penginderaan jauh bersama ITB, Universitas Hasanuddin (Unhas), dan AIT (Asian Institute of Technology) untuk menghitung jumlah bangunan yang rusak dan juga lahan yang rusak, terutama lahan produktif sawah dan perkebunan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lapan luwu utara
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top