Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pencegahan Penularan Covid-19, Yuri: Waspadai Mikro Droplet

Tak hanya droplet, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 menyebutkan masyarakat perlu mewaspadai adanya mikro droplet sebagai sumber penularan Covid-19.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 12 Juli 2020  |  16:59 WIB
Poster tips bekerja aman dari penularan virus corona - Instagram @kemenkes_ri
Poster tips bekerja aman dari penularan virus corona - Instagram @kemenkes_ri

Bisnis.com, JAKARTA - Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan organisasi kesehatan dunia (WHO) menegaskan bahwa penularan virus tersebut tetap tertular melalui droplet atau percikan liur, tetapi juga mikro droplet.

Dia menerangkan mikro droplet merupakan ukuran droplet yang lebih kecil dan dapat berada di udara untuk waktu relatif lama. Terlebih pada ruangan dengan ventilasi dan sirkulasi udara yang tidak maksimal.

“Kita bisa menyederhanakan dengan mengambil contoh misalnya asap rokok dalam satu ruangan tertutup yang sirkulasi udaranya tidak bagus maka asap rokok ini akan tahan lama,” katanya, Minggu (12/7/2020).

Menurutnya pada kasus asap rokok, masyarakat yang menggunakan face shield atau pelindung wajah tanpa menggunakan masker pasti akan mencium bau asap rokok. Analogi mikrodroplet dari Covid-19.

Adapun penggunaan masker kata dia, mutlak dilakukan masyarakat. Sementara pelindung wajah hanya dapat melindungi seseorang dari droplet dengan ukuran besar.

“Kami menyarankan kepada saudara sekalian gunakan masker lebih baik kalau memang bisa ditambah dengan face shield. Tetapi menggunakan face shield saja tanpa menggunakan masker tidak akan memberikan perlindungan yang maksimal,” ujarnya.

Di sisi lain, Yuri meminta masyarakat memperhatikan sirkulasi ruang kerja. Pekerja perlu memperhatikan udara ruangan tetap tergantikan setiap hari. Salah satu caranya dengan menggunakan kipas angin.

“Penularan ini akan memungkinkan terjadi. Satu sisi banyak kasus positif dengan gelaja yang ringan dengan tidak perlu dirawat di rumah sakit, tidak perlu diisolasi di rumah sakit. Di sisi yang lain penularan melalui droplet harus kita cegah,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top