Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rocky Gerung Dapat Hadiah Al Quran Terjemahan Paling Puitis, Netizen: Katanya Kitab Suci Fiksi?

Politisi Partai Gerindra Fadli Zon mengunggah foto Dosen Filsafat Universitas Indonesia Rocky Gerung menerima hadiah berupa Al Quran yang spesial, yaitu terjemahan Marmaduke Pickthall. Netizen ungkit ucapan Rocky soal kitab suci fiksi.
Pakar filsafat politik Indonesia Rocky Gerung memberikan pemaparan saat Forum Pikiran, Akal dan Nalar (Roadshow Polmark Indonesia dan Partai Amanat Nasional) di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (5/3/2019)./ANTARA-Didik Suhartono
Pakar filsafat politik Indonesia Rocky Gerung memberikan pemaparan saat Forum Pikiran, Akal dan Nalar (Roadshow Polmark Indonesia dan Partai Amanat Nasional) di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (5/3/2019)./ANTARA-Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA--Dosen Filsafat Universitas Indonesia Rocky Gerung menerima hadiah berupa Al Quran yang spesial, yaitu terjemahan Marmaduke Pickthall.

Fakta tersebut terungkap dari cuitan politisi Partai Gerindra Fadli Zon melalui akun Twitter pribadi miliknya @fadlizon.

"Foto kelupaan Kamis lalu. Rocky Gerung dpt hadiah Al Qur’an terjemahan Inggris Marmaduke Pickthall (1875-1936). Ini terjemahan Al Qur’an yg puitis n terbaik menurut sy," tulis @fadlizon seperti dikutip, Senin (6/7/2020).

Dalam foto yang diunggah Fadli Zon, terlihat Rocky Gerung tersenyum sambil bersalaman dengan pria warga negara asing (WNA) sambil memegang Al Quran berwarna merah.

Rocky terlihat santai memakai kaos warna abu-abu dan celana jeans pendek. Dalam foto tersebut, Fadli Zon yang mengenakan kemeja hitam dan celana jeans juga berpose santai sambil tertawa juga ditemani Neno Warisman, aktivis pendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Twit yang diunggah akun pribadi Fadli Zon pada Minggu (5/7/2020) pukul 22.02 WIB mendapat respons dari netizen. Tercatat cuitan tersebut di-retweet sebanyak 259 kali dan disukai (likes) 1.182 pengguna Twitter.

Akun Twitter @mamai013 melayangkan sindiran atas foto Rocky Gerung menerima Al Quran terjemahan.

"Alquran kan fiksi kata RG...?? Kenapa yhh gerombolan luu...sarapan pagi nya...ludah sendiri, Selamat ga berapa lama Lg akan hadir Kyai, ustad ,kanjeng Tengku Rocky Gerung...????," tulis @mamai013.

Sindiran tersebut langsung dibalas oleh akun Twitter @fajardewantoro_. Menurutnya, Rocky Gerung tidak pernah mengatakan Al Quran merupakan fiksi.

"Emang RG bilang Al-Qur'an? Bukannya cuma bilang kitab? Emang kitab cuma Al-Qur'an?" tulis @fajardewantoro_.

Di sisi lain, warganet pemilik akun Twitter @yayukputri6 justru mengatakan Al Quran tersebut akan bermanfaat untuk Rocky Gerung.

"Kerenn...membaca adl kebutuhan utama pak Rocky.....tdk mungkin tdk di baca oleh ebes satu ini....Ndang dikatamkam ya pak rocky...isi alquran extra ordinary looh Pakk..." tutur @yayukputri6.

Seperti diketahui, Rocky sempat dipanggil dengan status sebagai saksi terlapor atas laporan Jack Boyd yang tercatat dengan nomor LP/512/IV/2018/Bareskrim tertanggal 16 April 2018. Dalam laporannya Rocky disangkakan melanggar Pasal 156a KUHP tentang penodaan agama.

Selain laporan dari Jack Boyd, Rocky juga dilaporkan atas tuduhan yang sama oleh Permadi Aria alias Abu Janda pada 11 April 2018 ke Polda Metro Jaya. Laporan Abu Janda tertuang dengan nomor polisi TBL/2001/IV/2018/PMJ/Dit.Reskrimsus tertanggal 11 April 2018.

Rocky Gerung menyebut pelapor kasusnya soal pernyataan "kitab suci adalah fiksi" gagal paham dalam membedakan soal fiksi dan fiktif.

Menurut Rocky, fiksi adalah suatu energi untuk mengaktifkan imajinasi yang menurutnya penting dan positif.

"Beda dengan fiktif yang cenderung mengada-ngada itu intinya dan berulang kali saya terangkan bahkan dengan sangat jelas," kata Rocky kala itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper