Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Presiden Brasil Jair Bolsonaro Yakin Pernah Terinfeksi Corona

Presiden Brasil yakin dirinya pernah terinfeksi virus Corona penyebab Covid-19.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 26 Juni 2020  |  14:58 WIB
Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengenakan masker dalam sebuah acara di Planalto Palace di Brasilia, Brasil, Jumat (15/5/2020). - Bloomberg/Andre Borges
Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengenakan masker dalam sebuah acara di Planalto Palace di Brasilia, Brasil, Jumat (15/5/2020). - Bloomberg/Andre Borges

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Brasil Jair Bolsonaro yakin pernah terinfeksi virus Corona penyebab Covid-19 kendati hasil tes kemudian menunjukkan dirinya negatif dari paparan.

Setelah sekian lama menyangkal dan kerap terlihat tidak menggunakan masker di tengah publik, Bolsonaro menyatakan bahwa ia mengira pernah terjangkit virus mematikan tersebut.

Sosok kontroversial berusia 65 tahun ini membuat pengumuman tak terduga itu dalam suatu live webcast di Facebook pada Kamis (25/6/2020) malam waktu setempat.

“Saya bisa menjalani tes untuk mengetahui apakah saya memiliki antibodi,” katanya menyiratkan kemungkinan untuk menjalani tes lebih lanjut, seperti dikutip dari Bloomberg.

Kecurigaan bahwa Bolsonaro telah terinfeksi Corona muncul tak lama setelah beberapa bawahan yang mendampinginya dalam perjalanan ke resort Mar-a-Lago untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Maret lalu dinyatakan positif.

Saat itu Bolsonaro menyangkal bahwa ia telah terinfeksi dan menggembar-gemborkan staminanya sebagai alasan mengapa ia tidak tertular.

Bolsonaro membantah kabar yang santer disiarkan beberapa media ternama bahwa dirinya positif Corona.

"Jangan percaya pada fake news media!” tulis Bolsonaro melalui akun Twitter miliknya pada 13 Maret.

Dia juga berusaha menjaga agar hasil tesnya tidak terkuak, meskipun berbulan-bulan kemudian terungkap dan menunjukkan hasil negatif.

Awal pekan ini, seorang hakim federal memerintahkan Bolsonaro untuk mengenakan masker saat berada di Brasilia. Ia bahkan diancam akan dijatuhi denda US$387 (sekitar Rp5,4 juta) per hari jika terus melanggar peraturan lokal di distrik federal.

Brasil berada di urutan kedua negara dengan jumlah kasus dan korban jiwa akibat Covid-19 terbanyak di dunia, setelah Amerika Serikat. Pada Kamis, negara Amerika Selatan ini melaporkan 1.141 kematian dan 39.483 kasus baru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brasil Jair Bolsonaro covid-19
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top