Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelonggaran Lockdown Dikritik, Brasil Ancam Keluar dari WHO

Presiden Brasil Jair Bolsonaro pada Jumat mengancam akan menarik negaranya dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) gara-gara megkritik pelonggaran lockdown Brasil.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 Juni 2020  |  13:35 WIB
Presiden Brazil Jair Bolsonaro mengunakan masker saat Upacara Bendera di Istana Alvorada di Brasilia  -  Bloomberg / Andre Borges
Presiden Brazil Jair Bolsonaro mengunakan masker saat Upacara Bendera di Istana Alvorada di Brasilia - Bloomberg / Andre Borges

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Brasil Jair Bolsonaro pada Jumat mengancam akan menarik negaranya dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) gara-gara megkritik pelonggaran lockdown Brasil.

Presiden Brasil itu melontarkan keinginannya untuk keluar dari WHO itu pada Jumat (5/6/2020) waktu setempat atau Sabtu dini hari (6/6/2020) waktu Jakarta. Brasil berencana meniru Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang memutuskan AS menarik diri dari keanggotaan WHO pada akhir Mei lalu.

Kantor berita China, Xinhua, melaporkan bahwa Presiden Brasil Jair Bolsonaro mempertimbangkan untuk keluar dari WHO kecuali jika badan kesehatan PBB itu berhenti menjadi "organisasi politik partisan."

"Sebelumnya, WHO mengungkapkan pandangan yang bertentangan dengan upaya Bolsonaro untuk mencabut kebijakan karantina wilayah (lockdown), di saat epidemi Covid-19 masih menjangkiti Brasil," tulis Xinhua, Sabtu (6/6/2020).

Saat menanggapi pelonggaran perintah jaga jarak sosial (social distancing), juru bicara WHO Margaret Harris mengatakan kriteria utama untuk melakukan pencabutan lockdown adalah penularan yang melambat.

Dengan rekor baru penambahan kasus kematian harian Covid-19, Brasil menyalip Italia dan menjadi negara dengan jumlah kasus infeksi tertinggi ketiga di dunia.

Total kematian akibat Covid-19 di Brasil melonjak menjadi 34.021 usai kementerian kesehatan negara itu pada Kamis (4/6) melaporkan 1.437 kematian dalam 24 jam terakhir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brasil who covid-19 Lockdown

Sumber : Xinhua/Antara

Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top