Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Eks CEO Wirecard Markus Braun Ditahan Kepolisan Jerman

Braun diperiksa atas kemungkinan keterlibatannya dalam skandal penipuan yang merugikan Wirecard AG senilai 1,9 miliar euro.
Markus Braun, saat menjadi CEO Wirecard.
Markus Braun, saat menjadi CEO Wirecard.

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan CEO Wirecard AG Markus Braun ditahan Kepolisian Munich, Senin (22/6/2020) malam waktu Jerman alias Selasa (23/6/2020) pagi waktu Indonesia. Braun diamankan lantaran keterlibatannya dalam kasus penipuan yang menyebabkan Wirecard merugi hingga 1,9 miliar euro.

Menurut laporan Bloomberg, Braun datang menyerahkan diri atas kesadarannya sendiri. Pihak kepolisan dan pengadilan bakal melakukan pemeriksaan dan memutuskan apakah yang bersangkutan bakal dilepas atau tetap ditahan dalam 24 jam ke depan.

Saat ini, Wirecard AG tengah dalam posisi berjuang mempertahankan diri dari kebangkrutan. Mereka sedang melakukan negosiasi terhadap para kreditur untuk restrukturisasi cicilan pinjamannya.

"Perkembangan kasus ini benar-benar mencengangkan, bisa jadi kondisi [perusahaan] akan semakin buruk. Seharusnya kita segera mendapat pencerahan apa yang sebenarnya terjadi terhadap uang 1,9 miliar euro yang lenyap itu," ujar Oliver Kipper, salah seorang pengacara dalam kasus ini seperti dilansir Bloomberg, Selasa (23/6/2020).

Braun sendiri mengundurkan diri dari perusahaan belum lama ini. Pengunduran dirinya baru sah dan berlaku sejak Jumat (19/6/2020) pekan lalu. Pihak perusahaan telah menunjuk James Freis sebagai pengganti Braun pada hari yang sama.

Dalam pernyataan pertamanya setelah naik jabatan, Freis mengatakan bakal melakukan segala upaya guna menyelamatkan Wirecard. Termasuk menjual aset atau mengajukan kredit baru.

Saat ini perusahaan dikabarkan tengah menjajaki negosiasi pinjaman dengan Houlihan Lokey, dan tidak menutup kemungkinan untuk menjalin kesepakatan dengan lembaga-lembaga yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hafiyyan
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper