Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mensos Juliari Pastikan Bansos Sembako Tahap Enam Rampung 15 Juli

Penyaluran bantuan sosial pemerintah bagi masyarakat terdampak pandemi virus Corona (Covid-19) akan segera rampung pada 15 Juli 2020.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Juni 2020  |  02:12 WIB
Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyampaikan sambutan saat menerima bantuan paket sembako di Jakarta, Senin (27/4/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyampaikan sambutan saat menerima bantuan paket sembako di Jakarta, Senin (27/4/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Sosial Juliari P Batubara memastikan penyaluran bantuan sosial sembako tahap enam bagi warga terdampak virus corona (Covid-19) di DKI Jakarta dan sekitarnya akan tuntas pada 15 Juli 2020.

"Pada 15 Juli selesai semua, tapi kita akan lanjutkan sampai Desember," kata Mensos di sela-sela penyaluran bansos sembako bagi kalangan pekerja seni dan film di Jakarta, Senin.

Penyaluran bansos sembako senilai Rp600.000 dimulai sejak April 2020 selama enam tahap hingga Juni. Namun bansos akan tetap diberikan sampai Desember dengan nilai bantuan berkurang menjadi Rp300.000 mulai Juli.

Selain bansos sembako, hal yang sama juga berlaku bagi bantuan sosial tunai (BST) senilai Rp600.000 berkurang menjadi Rp300.000.

Berkurangnya nilai bantuan bagi warga terdampak Covid-19 tersebut karena mulai Juli pemerintah akan meningkatkan stimulus ekonomi sehingga diharapkan perekonomian kembali membaik.

Selain itu, dengan diberlakukannya skema normal baru, masyarakat sudah mulai bisa beraktivitas kembali sehingga lebih produktif.

Lebih lanjut Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin mengatakan saat ini realisasi bansos sembako tahap kelima sudah mencapai sekitar 30 persen.

"15 Juli selesai sampai tahap ke enam, mudah-mudahan lancar karena sebelumnya juga sudah lebih baik," kata Pepen.

Bansos sembako diberikan kepada 1,3 juta keluarga di DKI Jakarta yang terdampak Covid-19 dan 600 ribu keluarga di Bodetabek. Sementara BST diberikan kepada sembilan juta keluarga yang terdampak Covid-19 di luar Jabodetabek.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bansos mensos

Sumber : Antara

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top