Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perampingan Birokrasi Capai 60 Persen, MenpanRB: Desember Kelar!

Penyederhanaan birokrasi dilakukan untuk untuk merampingkan struktur organisasi dan pengalihan sejumlah jabatan dalam satu instansi pemerintah.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 22 Juni 2020  |  16:56 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo. - Antara
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sedikitnya 60 persen dari seluruh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah telah melakukan penyederhanaan birokrasi hingga Juni. Program ini telah dimulai sejak November 2019.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan penyederhanaan struktur birokrasi telah mendekati angka 60 persen di seluruh instansi pemerintah.

“Diharapkan Desember sudah selesai secara keseluruhan sehingga tahapan berikutnya nanti ada sejumlah hal yang harus diperbaiki termasuk tunjangan kinerja, tunjangan intensif dan lainnya,” katanya saat webinar Senin (22/6/2020).

Dia menuturkan kebijakan ini untuk merampingkan struktur organisasi dan pengalihan sejumlah jabatan dalam satu instansi pemerintah. Selain itu pemerintah berusaha membangun pola pikir dari eselon menjadi fungsional.

Menurutnya, sebelum menerapkan kebijakan tersebut, KemenPANRB telah melihat proses penyederhanaan birokrasi dari negara kecil seperti Singapura dan negara menengah, Korea Selatan.

“Dalam konteks penyederhaan birokrasi setingkat eselon 3 - 4 harus kita cermati secara bersama. 60 persen sudah selesai inventarisasi penyederhanaan jabatan struktural ke fungsional,” ujarnya.

Dalam prakteknya lanjut Tjahjo sudah ada kementerian lembaga yang berani memangkas jabatan eselon 1. Kendati begitu adapula K/L yang menambah eselon 1 - 2 untuk keperluan tertentu.

Dalam prakteknya, KemenPANRB menjadi instansi pertama yang menerapkan kebijakan tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

reformasi birokrasi tjahjo kumolo kemenpan rb
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top