Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lapor ke Presiden Soal Relaksasi PSBB, Menko PMK: Masih Terkendali

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan relaksasi akan membantu pemulihan ekonomi, tetapi pada sisi lain juga harus berupaya agar penyebaran virus Corona terkendali.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 22 Juni 2020  |  15:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy seusai mengikuti pelantikan menteri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Bisnis - Abdullah Azzam
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy seusai mengikuti pelantikan menteri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait relaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan menyatakan bahwa secara umum kondisi masih terkendali.

Muhadjir menjelaskan bahwa dalam pertemuan itu dia menjelaskan mengenai pilihan yang harus dihadapi dalam relaksasi PSBB. Relaksasi akan membantu pemulihan ekonomi, tetapi pada sisi lain juga harus berupaya agar penyebaran virus Corona terkendali.

“Pilihan ini kan memang tidak bisa dua-duanya gitu. Di lapangan bisa saja dalam dalam momen-momen tertentu bisa harus memilih salah satu dan kalau penilaian dari Gugus Tugas untuk kondisi sekarang ini masih dalam batas terkendali untuk perkembangan penanganan Covid-19 ini masih terkendali,” kata Muhadjir di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (22/6/2020).

Adapun per Miinggu (21/6/2020) sore, total kasus Covid-19 di Tanah Air menjadi 45.891 orang. Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, penambahan pasien per hari sebanyak 862 orang.

Berdasarkan wilayah, penambahan terbanyak terjadi di DKI Jakarta sebanyak 142 kasus, Sulawesi Selatan 112 kasus, Jawa Tengah 99 kasus, dan Kalimantan Selatan 94 kasus. Tercatat sembilan provinsi melaporkan 0 kasus dalam 24 jam terakhir.

Yuri juga mengatakan, dalam periode yang sama terdapat penambahan 521 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Dengan demikian, total pasien Covid-19 terkonfirmasi sembuh menjadi 18.404 orang.

Pada saat yang sama pemerintah juga mencatat penambahan 36 pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Dengan demikian total menjadi 2.465 kasus meninggal.

Sementara itu, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 56.436 dan pasien dalam pengawasan (PDP) 13.225. Seluruh data tersebut didapat dari pemeriksaan 639.38 spesimen, di mana 18.229 spesimen diperiksa dalam 24 jam terakhir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Virus Corona muhadjir effendy covid-19 Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top