Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS Hentikan Uji Coba Obat Malaria Hidroksiklorokuin untuk Pasien Covid-19

Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat (NIH) menemukan bahwa hidroksiklorokuin, yang kerap digembar-gemborkan oleh Presiden Donald Trump sebagai potensi pengobatan, tidak memberikan manfaat apa pun bagi pasien Covid-19.
Obat Hydroxychloroquine./Istimewa
Obat Hydroxychloroquine./Istimewa

Bisnis.com, WASHINGTON - Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat (NIH) mengatakan telah menghentikan uji klinis untuk mengevaluasi keamanan dan kemanjuran obat malaria hidroksiklorokuin bagi pengobatan pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

"Riset menemukan bahwa hidroksiklorokuin, yang kerap digembar-gemborkan oleh Presiden Donald Trump sebagai potensi pengobatan, tidak memberikan manfaat apa pun bagi pasien, meski tidak membahayakan," kata NIH melalui sebuah pernyataan, Sabtu (20/6/2020).

Sebelumnya pada pekan ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pengujian hidroksiklorokuin dalam uji coba besar multinegara untuk pengobatan pasien Covid-19 sudah dihentikan setelah data dan riset baru menunjukkan tidak ada kegunaan dari obat tersebut.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) pun pada Senin (15/6) mencabut izin penggunaan darurat hidroksiklorokuin untuk pengobatan Covid-19.

Trump sebelumnya mempromosikan obat tersebut sebagai pengobatan potensial. Pada Maret, dia mengatakan bahwa obat tersebut bisa menjadi 'salah satu perubahan besar dalam sejarah medis' ketika penggunaannya digabungkan dengan antibiotik azithromycin.

Trump pada Juni secara mengejutkan mengumumkan bahwa dirinya mengonsumsi hidroksiklorokuin sebagai langkah pencegahan setelah dua ajudan Gedung Putih terbukti positif corona, yaitu virus yang menyebabkan Covid-19.

Namun, pada April NIH mengumumkan uji coba hidroksiklorokuin yang digunakan untuk mengobati malaria dan rheumatoid seperti radang sendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nurbaiti
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper