Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILPRES AS 2020: Donald Trump vs Joe Biden, Siapa Menang?

Poling CNN terbaru menunjukkan 51 persen pemilih yang terdaftar secara nasional mendukung mantan Wakil Presiden Joe Biden,
Mantan Wapres AS Joe Biden/Bloomberg
Mantan Wapres AS Joe Biden/Bloomberg

Biden Rajai Hasil Jajak Pendapat

Berdasarkan banyak hasil jajak pendapat, Joe Biden bisa jadi akan menang dalam pemilu mendatang kalau pilpres dilaksanakan pada hari ini. Terlepas dari akan ada kejutan di detik terakhir, yang jelas hingga kini mantan pasangan Presiden Barack Obama selama dua periode itu masih unggul dalam sejumlah hasil jajak pedapat.

Sebuah poling CNN terbaru menunjukkan 51 persen pemilih yang terdaftar secara nasional mendukung mantan Wakil Presiden Joe Biden, sedangkan 41 persen mendukung Presiden Donald Trump dalam pemilihan presiden 2020.

Dukungan untuk Trump—kandidat presiden petahana—merosot setelah penurunan ekonomi Amerika Serikat yang dipicu pandemi Covid-19, dan diperparah dengan demo rusuh massal di berbagai wilayah Amerika Serikat pasca terbunuhnya George Floyd di Minneapolis.

Dua minggu lalu, EPIC-MRA of Lansing, sebuah perusahaan jajak pendapat milik Free Press, merilis sebuah survei yang menunjukkan Biden memimpin dari Trump dengan perbandingan 53 persen – 41 persen di wilayah Michigan, atau terpaut jauh 12 poin di negara bagian yang selama ini dikuasai Partai Republik seperti dikutuip Freep.com, Rabu (17/6/2020).

Akan tetapi poling kedua, yang dimulai pada 31 Mei, sehari setelah poling pertama dimulai, dan berakhir sehari lebih lambat dari polling pertama, pada 4 Juni, menunjukkan Biden memimpin Trump 55 persen berbanding 39 persen dengan selisih kian jauh16 poin.

Berita gembira untuk Trump hanya diperoleh dari hasil jajak pendapat Lembaga Demokrasi dengan sampel 1.500 pemilih potensial pada 3 Juni hingga 5 Juni 2020 yang menunjukkan Trump masih unggul ketimbang Biden.

Trump unggul dengan 48 persen suara dibandingkan 47 persen suara untuk Biden. Sedangkan, sebanyak 5 persen sisa suara memilih ragu-ragu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Kandidat Kontroversial
Halaman Selanjutnya
Keuangan dan Peta Kekuatan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper