Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KBRI Tokyo Sosialisasikan Diaspora Bonds, Investasi Mulai Rp5 Juta

Diaspora bonds merupakan surat utang negara yang menyasar diaspora WNI dan diaspora WNA eks WNI, anak eks WNI, serta WNA yang orang tuanya WNI.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 04 Juni 2020  |  18:07 WIB
Ilustrasi - Pialang memperhatikan Yield SUN Indonesia - Antara/Prasetyo Utomo
Ilustrasi - Pialang memperhatikan Yield SUN Indonesia - Antara/Prasetyo Utomo

Bisnis.com, JAKARTA - Kedutaan Besar RI Tokyo mensosialisasikan diaspora bonds kepada WNI dan WNA keturunan Indonesia yang berada di Jepang.

Langkah itu dilakukan untuk menarik minat calon investor tersebut dan mendukung langkah pemerintah yang melalui Kementerian Keuangan akan merilis diaspora bonds pada November 2020.

Diaspora bonds adalah salah satu instrumen investasi berupa surat utang negara yang menargetkan diaspora WNI dan diaspora WNA (eks WNI, anak eks WNI, dan WNA yang orang tuanya WNI).

Direktur Surat Utang Negara, Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan Deni Ridwan mengatakan instrumen ini bermanfaat sebagai sumber pembiayaan lain dalam rangka memenuhi kebutuhan pembiayaan APBN yang bertujuan untuk pembangunan di Indonesia.

Imbal hasil yang ditawarkan mencapai 6 - 7 persen berbentuk fixed rate dengan tenor 3 tahun.

"[Masih tentatif] kami tawarkan tenornya 3 tahun, bentuknya fixed rate, non tradable, tanpa early redemption untuk memudahkan fitur karena  [investor] ada di luar negeri. Untuk pemesanannya antara Rp5 juta -Rp 5 miliar," katanya, dalam webinar yang bekerja sama dengan KBRI Tokyo, Kamis (4/6/2020).

Dia mengatakan Diaspora Bonds akan diterbitkan dalam redenominasi rupiah dengan pertimbangan bahwa transaksi melalui sistem e-SBN di mana pembayarannya dilakukan melalui bank/pos/lembaga persepsi yang sebagian besar hanya bisa menggunakan rupiah,

Diaspora Bonds dapat dibeli melalui mitra distribusi yang telah bekerja sama dengan Kementerian Keuangan. Beberapa di antaranya adalah perbankan yang emliouti BCA, Maybank, BRI, BNI, CIMB Niaga, Panin Bank, Bank Mandiri, dan BTN.

Fintech mitra distribusi yang bisa melayani Diaspora Bonds di antaranya Tanamduit, Bareksa, dan Invisee. Selain itu dari sekuritas seperti Bahana sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan Trimegah Sekuritas Nasional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang surat utang negara diaspora indonesia
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top