Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Amerika Serikat Batasi Kedatangan dari Brasil, Pusat Baru Corona

Amerika Serikat menerapkan pembatasan perjalanan dari Brasil mulai Rabu (27/5/2020).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Mei 2020  |  21:22 WIB
Warga Sao Paulo, Brasil, mengenakan masker di keramaian untuk mengurangi risiko penularan virus corona Covid-19 pada 19 Maret 2020./Bloomberg - Rodrigo Capote
Warga Sao Paulo, Brasil, mengenakan masker di keramaian untuk mengurangi risiko penularan virus corona Covid-19 pada 19 Maret 2020./Bloomberg - Rodrigo Capote

Bisnis.com, WASHINGTON – Amerika Serikat menerapkan pembatasan perjalanan dari Brasil mulai Rabu (27/5/2020) setelah negara di Amerika Latin itu menjadi pusat penyebaran virus corona jenis Covid-19 kedua di dunia setelah AS.

Pemberlakuan pembatasan kedatangan tersebut 2 hari lebih cepat dibandingkan dengan rencsana semula yakni pada Kamis (28/5/2020), demikian ditulis Antara pada Selasa (26/5/2020) mengutip Reuters.

Pernyataan itu tidak menyebutkan alasan penerapan pembatasan dipercepat. Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, yang mengurusi imigrasi, belum menanggapi pertanyaan terkait dengan masalah tersebut.

Larangan perjalanan itu dapat menjadi pukulan bagi Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang mengikuti langkah Presiden AS Donald Trump dalam menanggulangi pandemi.

Bolsonaro dan Trump kerap mengkritik aturan jaga jarak dan keduanya mempromosikan penggunaan obat Covid-19 yang belum terbukti khasiatnya.

Gedung Putih pada Minggu (24/5/2020) mengatakan pembatasan perjalanan itu bertujuan memastikan warga asing tidak membawa virus Covid-19 ke AS. Namun, pembatasan itu tidak berlaku untuk arus barang antarnegara.

Penasihat keamanan nasional Trump, Robert O'Brien, pada Minggu mengatakan pemerintah perlu menerapkan sejumlah kebijakan untuk melindungi rakyat AS. Dia berharap pembatasan itu hanya berlaku sementara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brasil amerika serikat Virus Corona

Sumber : Antara/Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top