Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perdagangan Surat Keterangan Bebas Corona, Tokopedia Klaim Tak Ada Transaksi

Ada-ada saja kegiatan manusia untuk mendapatkan uang di tengah pendemi virus Corona (Covid-19), salah satunya dengan menjual surat keterangan bebas Corona.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 15 Mei 2020  |  16:35 WIB
Surat keterangan sehat sempat dijual bebas di e-commerce. - istimewa
Surat keterangan sehat sempat dijual bebas di e-commerce. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Tokopedia mengklaim tidak ada transaksi penjualan surat keterangan bebas virus Corona (Covid-19) yang sempat viral beberapa waktu lalu di platform tersebut.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan pihaknya telah menarik iklan tersebut dari peredaran.

“Kami ingin menginformasikan bahwa tidak terjadi transaksi atas produk ini. Tokopedia telah melarang tayang produk dan toko yang melanggar tersebut,” katanya ketika dihubungi oleh Bisnis pada Jumat (15/5/2020).

Ekhel menjelaskan pada dasarnya Tokopedia merupakan platform user generated content (UCG) yang memungkinkan setiap menjual mengunggah iklan produknya secara mandiri. Namun, dia menegaskan pihaknya tidak pernah mendukung praktik tidak bertanggung jawab seperti penjualan surat keterangan bebas Covid-19.

Surat bebas keterangan bebas Covid-19 ini viral setelah akun Twitter @DokterPodcast mengunggah foto hasil tangkapan layar penjualan surat tersebut dari platform Tokopedia.

Foto tersebut memperlihatkan surat dengan kop Rumah Sakit Mitra Keluarga Gading Serpong dan stempel rumah sakit yang sama di sebelah kiri bawah. Surat keterangan bebas Covid-19 itu dijual dengan harga Rp 70 ribu.

“Yeyy bisa beli loh…. Cuman 70 rebu doank bisa mudik… nah kan nah kan apa kita kemarin bilang, ujung2 nya di duitin,” demikian cuitan dari akun @DokterPodcast

Sementara itu, PT Mitra Keluarga Karyasehat selaku pengelola RS Mitra Keluarga Gading Serpong menegaskan bahwa iklan surat tersebut merupakan penyalahgunaan nama dan logo rumah sakit tersebut. Emiten dengan ticker MIKA itu menyatakan tidak pernah bekerja sama dengan pihak-pihak yang memperjualbelikan surat bebas Covid-19.

“Manajemen Mitra Keluarga, tidak pernah bekerja sama dengan pihak-pihak yang memperjual-belikan surat keterangan Bebas Covid-19 maupun surat keterangan apapun," tulis pernyataan resmi RS Mitra Keluarga, hari ini Kamis (14/5/2020).

PT Mitra Keluarga Karyasehat juga telah memberikan somasi agar pihak yang menawarkan surat keterangan bebas Covid-19 dengan kop surat Mitra Keluarga untuk segera mungkin menghentikan kegiatan itu. RS Mitra Keluarga juga akan membawa masalah tersebut ke ranah hukum.

"Mitra keluarga akan menempuh jalur hukum jika masih ada pihak yang mengatasnamakan dan/atau menggunakan atribut Mitra Keluarga, termasuk kop surat Mitra Keluarga tanpa seizin kami," tulis pernyataan itu.

Bisnis mencoba menghubungi nomor yang tercantum dalam iklan surat keterangan bebas Covid-19 di Tokopedia melalui pesan instan Whatsapp dan telepon. Namun, hingga berita ini diturunkan tidak ada respon dari nomor tersebut.

Foto profil Whatsapp dari nomor tersebut memperlihatkan sejumlah surat keterangan dengan kop dari klinik dan rumah sakit berbeda. Selain itu, tercantum pula alamat situs www.suratdokterindonesiaaa.blogspot.com.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sehat surat Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top