Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kondisi New Normal di Mata Chairul Tanjung

Pendiri CT Corp Chairul Tanjung mengatakan pandemi Covid-19 telah mengubah sikap dan perilaku manusia.
Chairul Tanjung / bankmega.com
Chairul Tanjung / bankmega.com

Bisnis.com, JAKARTA – Penyebaran Covid-19 yang masih terus berlangsung menciptakan kondisi ‘New Normal’ pada setiap aspek kehidupan. Bagaimana kondisi ‘new normal’ di mata Chairul Tanjung?

Bagi bos Trans Corp itu, pandemi Covid-19 telah mengubah sikap dan perilaku manusia. 

Sebagai contoh, interaksi antarmanusia. “Yang tadinya berinteraksi dengan banyak pihak, sekarang terpaksa dikurangi. Aktivitas di luar rumah juga dikurangi. Semua dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan medium teknologi,” ujar CT di sela-sela diskusi dengan pemimpin redaksi media massa, Kamis (14/5/2020). 

Kondisi ini, menurutnya, bakal menjadi suatu kenormalan baru dalam masyarakat selepas pandemi ini usai.

“Sekarang ini semua conference melalui medium teknologi. Enggak ada yang ngumpulin orang. Dalam kondisi Covid ini, tidak mungkin kumpulin orang lagi. Semua pakai bantuan teknologi. Ada aktivitas, tetapi aktivitas berubah. Inilah kondisi new normal yang akan terjadi," ujarnya.

Di tengan situasi tersebut, menurut CT, semua bisnis harus melakukan shifting paradigm. Perubahan paradigma ini penting untuk mengantisipasi perubahan sikap dan perilaku masyarakat yang juga berubah. 

“Banyak hal yang bisa dilakukan dengan menyesuaikan pada perubahan sikap dan perilaku masyarakat,” ujarnya.

 Secara umum, CT melihat pandemi covid-19 juga akan berdampak pada perusahaaan. 

Perusahaan akan melakukan efisiensi sejalan dengan penurunan pendapatan yang dialaminya. Efisiensi sumber daya manusia atau SDM adalah salah satu yang ditempuh perusahaan.

“Ini keterpaksaan yang harus dilakukan,” kata CT.

Ketika efisiensi tersebut ditempuh, maka hal itu memengaruhi penyerapan tenaga kerjanya. Penyerapan tenaga kerja yang lebih rendah akan berakibat pada penurunan permintaan. 

“Jika permintaan berkurang, maka konsumsi domestik pun akan berkurang.” 

Chairul Tanjung merupakan pengusaha termuda dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes. Dia pun menjadi satu-satunya yang masuk daftar di bawah usia 60 tahun.

Si Anak Singkong ini membangun kerajaan bisnisnya melalui CT Corp, yakni perusahaan induk yang berbasis di Indonesia dan berkembang pesat di sejumlah industri. 

Secara garis besar, CT Corp dibagi menjadi tiga operasi holding bisnis utama yang terkonsentrasi di layanan keuangan; media, gaya hidup dan hiburan; dan Sumber Daya Alam. Sejumlah lini usahanya memiliki posisi kuat di pasar konsumen, seperti Bank Mega, Bank Mega Syariah, Mega Life, Trans TV, Trans 7, Trans Fashion, dan Transmart.

Chairul Tanjung termasuk dalam daftar 15 orang terkaya di Indonesia pada 2020 versi Forbes. Posisinya berada di urutan ke-6 dengan kekayaan US$3,1 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper