Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hore! Tunjangan Guru Tetap Cair Meski Mengajar dari Rumah

Selain itu, Kemenag akan mempermudah proses kenaikan pangkat bagi kalangan guru dan pengawas dengan memberlakukan sistem penilaian angka kredit berbasis online.
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi/Kemenag
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi/Kemenag

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama memastikan seluruh tunjangan profesi maupun tunjangan lainnya untuk guru dan tenaga kependidikan di madrasah tetap akan dibayarkan seperti biasa meski melakukan pembelajaran dari rumah.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa`adi mengatakan kementeriannya telah melakukan sejumlah langkah faktual di tengah meluasnya pandemi Covid-19. Salah satunya isu bidang pendidikan.

Saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI pada Senin (11/5/2020), Kementerian Agama menyebut proses kegiatan pembelajaran tetap dilakukan oleh guru melalui Teaching From Home (TFC).

“Hak guru untuk mendapatkan tunjangan profesi atau tunjangan lainnya tetap dapat dibayar penuh seperti biasanya,” katanya.

Selain itu, terkait proses kenaikan pangkat bagi kalangan guru dan pengawas, Kemenag akan mempermudah upaya itu dengan memberlakukan sistem penilaian angka kredit berbasis online.

Di sisi lain, Kemenag meluncurkan paket internet murah dan paket internet gratis bagi siswa pemegang KIP dan siswa tidak mampu. Dia menyebut seluruh penerimaan peserta didik baru dilakukan melalui daring.

Sebelumnya, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sempat merekomendasikan Kemenag dan Kemendikbud untuk memberikan bantuan kepada guru-guru honorer yang terdampak Covid-19 di sekolah maupun madrasah baik negeri maupun swasta.

KPAI usai Rakornas bersama dua kementerian tersebut juga merekomendasikan dilakukan pemetaan oleh Dinas Pendidikan maupun Kantor Wilayah Kemenag untuk memastikan honorarium dan dukungan kuota internet dalam proses pembelajaran jarak jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper