Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

E-Mail Kemenkes agar Warga Serahkan Diri dan Tes Covid-19 Hoaks!

Pesan elektronik itu menyebutkan bahwa pihak penerima pesan harus segera menyerahkan diri dan menjalani pengujian virus corona atau Covid-19.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 09 Mei 2020  |  10:47 WIB
Poster Bersama Lawan Corona_Stop Hoax
Poster Bersama Lawan Corona_Stop Hoax

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan memastikan pesan elektronik berantai dengan judul Informasi Spesifik dari Kementerian Kesehatan (Status Covid-19 Anda) adalah hoaks.

Pesan yang dikirim secara acak ke sejumlah warga pemilik pesan elektronik itu menyebutkan bahwa pihak penerima pesan harus segera menyerahkan diri dan menjalani pengujian virus corona atau Covid-19.

"Sejalan dengan modalitas pelacakan kontak dan dalam undang-undang yang kami operasikan di Pusat Pengendalian Penyakit Indonesia, kami sangat menyarankan agar Anda menyerahkan diri untuk pengujian Covid-19," bunyi pesan hoaks itu.

Dalam keterangan resmi Kementerian Kesehatan, disebutkan bahwa pihaknya tidak pernah keluarkan informasi tersebut. Kementerian kesehatan juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan tidak mudah percaya dengan informasi apapun yang beredar melalui media sosial.

"Disampaikan bahwa Kemenkes tidak keluarkan informasi itu dan hal itu dipastikan tidak benar," tulis keterangan Resmi Kemenkes.

Dalam akun resmi Instagram, Kemenkes meminta meminta agar masyarakat lebih waspada terhadap pesan tersebut. Segera hapus atau laporkan sebagai pishing guna melindungi kalian dari kejahatan online.

"Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian kesehatan Virus Corona hoax covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top