Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

27 Kasus Corona Indogrosir Jogja: SPG, Penjaga Tenan, 1.500 Pebelanja Jalani Rapid Tes

Temuan kasus positif Corona pada 27 karyawan Indogrosir Jogja memaksa Pemerintah Kabubaten Sleman melakukam rapid test terhadap seluruh karyawan yang bertugas melayani pengunjung, termasuk rapid test terhadap pebelanja yang berkunjung 25 April hingga 4 Mei 2020.
Indogrosir di Jl. Magelang Jogjakarta. Foto: Google Maps, Juli 2018
Indogrosir di Jl. Magelang Jogjakarta. Foto: Google Maps, Juli 2018

Bisnis.com, SLEMAN -  Temuan kasus positif Corona pada 27 karyawan Indogrosir Jogja memaksa Pemerintah Kabubaten Sleman melakukam rapid test terhadap seluruh karyawan yang bertugas melayani pengunjung, termasuk rapid test terhadap pebelanja yang berkunjung 25 April hingga 4 Mei 2020.

Tak hanya manajemen dan karyawan, puluhan sales promotion girls (SPG) dan penjaga tenant serta pebelanja atau pengunjung di supermarket Indogrosir juga menjalani tes cepat Corona, Jumat (8/5/2020). Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah mereka terpapar virus Corona.

Kasus Corona di Indogrosir Jogja itu juga mengajak pebelanja atau pengujung Indogroris pada tanggal 25 April hingga 4 Mei 2020 utuk melakukan rapid test Corona. Pemerintah Kabupaten Slemen manergetkan rapid test 1.500 pebelanja Indogrosir di Jl. Magelang kecamatan Mlati tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan Dinkes hari ini melanjutkan rapid test bagi karyawan Indogrosir yang masih tercecer. Tidak hanya karyawan, SPG dan penjaga tenant di pusat perbelanjaan tersebut juga di-rapid test.

"Ada 44 orang yang di-rapid test hari ini. Mereka adalah SPG dan penjaga tenant di food court Indogrosir," katanya kepada wartawan, Jumat.

Joko mengatakan awalnya Dinkes menyasar manajemen dan karyawan Indogrosir yang diuji cepat virus Corona. Dalam perkembangannya, Dinkes juga memikirkan SPG dan penjaga tenant di food court yang berada di area Indogrosir. 

"Rapid test kami gelar di dua lokasi, yakni di Puskesmas Mlati I dan Balai Laboratorium Kesehatan Sleman. Untuk hasilnya nanti sore akan kami sampaikan," katanya.

Tes 1.500 Pebelanja

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan Pemkab fokus memeriksa dan menyelesaikan penelusuran paparan Covid-19 di Indogrosir. Hal ini dibuktikan dengan adanya rapid test seluruh manajemen dan karyawan Indogrosir. Termasuk SPG dan penjaga tenant. Pemkab bahkan menutup operasional pelayanan Indogrosir sejak Selasa (5/5/2020) lalu. 

"Tidak hanya itu, pengunjung yang dalam rentang waktu 25 April hingga 4 Mei juga akan kami rapid test. Targetnya 1.500 pebelanja yang akan di-rapid test selama tiga hari nanti," katanya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman akan menggelar rapid diagnostic test (RDT) Corona terhadap pebelanja Indogrosir Jl. Magelang. Tes cepat deteksi dini Covid-19 secara massal tersebut akan digelar selama tiga hari pada Selasa (12/5/2020) hingga Kamis (14/5/2020) pekan depan di Gor Pangukan.

Dalam keterangan tertulisnya, Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan tes massal akan ditujukan kepada siapa saja yang mengunjungi Indogrosir Jl. Magelang pada kurun 25 April sampai dengan 4 Mei. Pemkab Sleman akan menyediakan 1.500 RDT Corona.

“Diskominfo [Dinas Komunikasi dan Informatika] Sleman sedang membuat protokol penyeleksian peserta RDT massal melalui aplikasi. Peserta tes mendaftar menggunakan aplikasi tersebut. Kuota RDT di Gor Pangukan Sleman adalah 1.500, akan dibagi dalam tiga hari berturut-turut,” kata Sri.

Tes massal digelar setelah pasien positif Covid-19 Kasus 79 diduga menulari rekan-rekannya di Indogrosir. Pasien laki-laki berusia 45 tahun dari Kecamatan Depok ini dinyatakan positif Covid-19 pada 24 April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Sumber : Harianjogja.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper