Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Didi Kempot, Mualaf dan Perjalanan Spiritualnya Bersama Gus Miftah

Sama halnya dia tertutup soal keluarganya yang jarang terekspos, begitu juga dengan keyakinannya. Mafhum adanya, karena urusan keyakinan memang hal pribadi antara manusia dengan Tuhannya. Hablum minallahu.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 Mei 2020  |  19:04 WIB
Didi Kempot saat mengucapkan selamat perpisahan pada Djaduk Ferianto - instagram
Didi Kempot saat mengucapkan selamat perpisahan pada Djaduk Ferianto - instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Tak banyak yang mengetahui perjalanan spiritual seorang Didi Kempot.

Sama halnya dia tertutup soal keluarganya yang jarang terekspos, begitu juga dengan keyakinannya. Mafhum adanya, karena urusan keyakinan memang hal pribadi antara manusia dengan Tuhannya. Hablum minallahu.

Karena itu pula sedikit orang yang tahu jika penyanyi campur sari yang paling populer di tanah air itu adalah seorang mualaf.

Semua bermula ketika dia bertemu dengan perempuan yang telah memikat hatinya yang kini jadi istrinya. Tahun 1997 silam, atau tepatnya 23 tahun lalu, Didi Kempot memutuskan jadi mualaf sebelum meminang Yan Vellia, sang istri tercinta.

Sebelumnya, dia ikut agama ibunya sejak lahir yang menganut agama kristen. 

Diantara sedikit yang tahu perjalanan spiritual pelantun Stasiun Balapan ini adalah Gus Miftah. Dan di tengah perdebatan banyak orang soal kepercayaan the GodFather of Broken Heart ini, Gus Miftah juga lah yang menegaskan bahwa Didi Kempot adalah seorang muslim.

Lewat akun instagramnya dia menyatakan dengan huruf kapital jika Didi adalah seorang Muslim.

"Mohon maaf saya tegaskan almarhum Didi kempot adalah seorang MUSLIM!!!! Tolong jangan berdebat lagi dan mohon doa terbaik untuk beliau.... alfatihah
Perjalanan Ruhani Didi Kempot: Jadi Mualaf hingga Mengaji ke Gus Miftah," tulisnya.

Dari pernyataan itu jelas tergambar, hubungan antara keduanya bukan hanya sebagai sahabat semata, tapi juga kawan perjalanan spiritual Didi Kempot, atau bahkan mungkin Gus Miftah adalah guru spiritualnya. 

Apalagi, Gus Miftah dikenal sebagai pemilik pondok pesantren  Ora Aji, yang barang tentu menjadi tempat yang cocok buat Didi Kempot berbagi pengalaman sekaligus menggali ilmu keagamaan.

Bagi Gus Miftah, Didi Kempot juga adalah selayaknya seorang sahabat. "Atiku ambyarrrr mas..... tapi aku kudu ikhlas Selamat jalan sahabatku..... alfatihah," demikian ungkapan kehilangan Gus Miftah setelah mendengar kabar meninggalnya Didi Kempot pagi ini.

Dia juga mengungkap janji Didi Kempot yang akhirnya tak lagi sempat terpenuhi. Mengaji lagi ke pondok pesantrennya.

Ritual yang dulu sering dilakukan Didi Kempot, istrinya beserta kru sebelum viral dan disibukkan dengan padatnya aktifitas. Jauh sebelum populer dengan aksi panggungnya, ternyata Didi Kempot juga pernah minta didoakan agar viral atau terkenal.

Terakhir, Gus Miftah juga mengenang momen mengaji dan menyanyi bareng di pernikahan Gus Alamudin.

Di acara itu mereka juga sempat membuat slogan sobat ambyar vs santri ambyar, dan terngiang bisikan Didi Kempot yang ingin mengaji bareng lagi.

"Hari ini kamu berpulang mas Aku nyekseni mas..... jenengan orang baik," tutupnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mualaf didi kempot
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top