Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tiga Pengibar Bendera RMS Ditangkap. Ternyata Petinggi RMS, ini Video Aksinya

Polda Maluku menangkap tiga orang petinggi Organisasi Republik Maluku Selatan (RMS) usai mengibarkan bendera RMS pada 25 April 2020.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 27 April 2020  |  11:13 WIB
Aksi nekad pengimbaran bendera RMS di Mapolda Maluku
Aksi nekad pengimbaran bendera RMS di Mapolda Maluku

Bisnis.com,  JAKARTA - Polda Maluku menangkap tiga orang petinggi Organisasi Republik Maluku Selatan (RMS) usai mengibarkan bendera RMS pada 25 April 2020.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol M. Roem Ohoirat mengemukakan bahwa ketiga orang itu bernama Viktor Taihittu (56), Abner Litamahuputty (44) dan Johanis Pattiasina. Ketiganya ditangkap karena mengibarkan bendera RMS bertepatan dengan Hari Ulang Tahun RMS pada Sabtu 25 April 2020 kemarin.

“Memang benar, ketiganya sudah kami amankan. Tiga orang ini merupakan petinggi RMS,” tuturnya saat dikonfirmasi di Jakarta via pesan singkat, Senin (27/4/2020).

Dia menjelaskan bahwa ketiganya kini tengah diperiksa intensif oleh tim penyidik terkait aksinya dalam mengibarkan bendera RMS tersebut. Ketiganya akan dijerat dengan Pasal 106 KUHP dan Pasal 110 KUHP tentang Makar serta Pasal 160 KUHP tentang Penghasutan.

“Ketiganya saat ini sedang dimintai keterangan oleh tim penyidik,” katanya.

Video bendera RMS di Mapolda Maluku pda 25 April 2020 itu sempat viral di media sosial. Dalam video yang diunggah akun Twitter @Anggraini_4yu di atas, terlihat ada tiga orang berjalan memasuki Markas Polda Maluku dengan membentangkan bendera RMS berwarna Biru, Putih, Hijua, Merah vertikal.

Pintu gerbang Mapolda Maluku dalam keadaan terbuka, sehingga tiga pelaku dengan leluasa masuk membawa bendera.

Mereka kemudian diamankan petugas jaga Mapolda dan pintu gerbang langsung ditutup.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maluku separatis bendera Makar
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top