Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jika Diperlukan, Indonesia Siagakan RS Pertamina untuk Korps Diplomat Asing

Indonesia memastikan bertanggung jawab memberikan fasilitas dan melindungi pihak korps diplomatik asing terkait wabah Corona.
Ilustrasi-Menteri BUMN Erick Thohir memeriksa penyelesaian Rumah Sakit Pertamina Jaya dan persiapan Lab  untuk Covid-19, Senin (6/4/2020)./Istimewa.
Ilustrasi-Menteri BUMN Erick Thohir memeriksa penyelesaian Rumah Sakit Pertamina Jaya dan persiapan Lab untuk Covid-19, Senin (6/4/2020)./Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia memastikan bertanggung jawab memberikan fasilitas dan melindungi pihak korps diplomatik asing terkait wabah Corona.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi terkait kehadiran warga negara asing di Indonesia di saat wabah Corona ini.

Menlu Retno menyebutkan bahwa Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar telah melakukan pembicaraan dengan kalangan perwakilan asing di Indonesia.

"Sudah dua kali Wakil Menlu RI melaklukan video conference dengan perwakilan asing di Indonesia, Kedubes maupun organisasi internasional," ujar Retno.

Menurut Retno, Pemerintah Indonesia antara menyampaikan bahwa Indonesia sebagai tuan rumah akan terus memfasilitasi apa yang dipelukan oleh mereka terkait Covid-19.

Menlu juga menyebutkan, Indonesia menyampakai kepada perwakilan asing itu tentang protokol evakuasi medis.

"Kita saat ini telah memiliki protokol untuk evakuasi medis, di masa lalu banyak perwakilan asing bertanya soal protokol ini," ujar Menlu.

Selain itu, Menlu menyebutkan bahwa Pemerintah Indonesia telah menyiapkan rumah sakit jika diperlukan pihak korps diplomatik asing dan keluarganya.

"Kita sudah sampaikan rumha sakit yang kita siagakan saat ada keluarga korps diplomatik yang mengalami masalah dengan Covid-19, kita siagakan Rumah Sakit Pertamina, sekiranya diperlukan," ujar Menlu.

Menlu Retno memastikan Indonesia terus melakukan komunikasi dengan korps diplomatik menunjukkan tanggung jawab Indonesia sebagai tuan rumah bagi mereka.

Seperti diketahui, belum lama ini pihak Kedutaan Amerika di Indonesia sempat meminta warga negara AS yang masih muda dan tidak sedang melaksanakan tugas untuk segera meninggalkan Indonesia.

Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) memperingatkan warganya di Indonesia agar segera kembali ke negaranya seiring dengan jumlah kasus Covid-19 di Tanah Air tembus lebih dari 4.800.

“Di bawah petunjuk kesehatan global tingkat 4, kami sangat menyarankan warga AS di Indonesia untuk mengatur kepulangan segera ke Amerika Serikat di saat masih ada kesempatan,” demikian ketrerangan pihak Kedubes AS seperti dikutip dari lama resminya, Rabu (15/4/2020).

Peringatan serupa sudah diumumkan pada 25 Maret 2020. Saat itu Kedubes AS di Jakarta, dan konsulatnya di Surabaya, Bali, serta Medan meminta keluarga staf Kedubes berumur di bawah 21 tahun agar segera meninggalkan Indonesia. Hal ini lantaran kapasitas rumah sakit di Indonesia yang tidak memadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper