Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Duh, Warga Positif Virus Corona di Papua Menjadi 75 orang

Warga di Papua yang dinyatakan positif virus Corona (Covid-19) memiliki gejala sakit ringan hingga sedang dan tidak ada yang menggunakan alat bantu pernapasan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 April 2020  |  23:08 WIB
Jangan Mudik MediaLawanCovid19 AmanDiRumah
Jangan Mudik MediaLawanCovid19 AmanDiRumah

Bisnis.com, JAYAPURA - Warga Papua yang positif terpapar virus corona jenis baru (Covid-19) bertambah tujuh orang sehingga jumlahnya menjadi 75 orang, kata Jubir Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Papua dr Silwanus Sumule.

Dia mengatakan di Jayapura, Rabu (15/4/2020), malam peningkatan warga yang positif terjadi di Merauke dan Jayapura masing-masing dua kasus dan penambahan tiga kasus terjadi di Kabupaten Jayapura.

Dari 75 orang yang positif tercatat 53 orang dirawat di berbagai rumah sakit yang ada lima kota yaitu Jayapura, Sentani, Merauke, Timika dan Merauke. Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 3.423 orang dan jumlah orang dalam pengawasan (PDP) 98 orang.

"Warga yang saat ini dinyatakan positif itu kondisinya sakit ringan hingga sedang dan tidak ada yang menggunakan alat bantu pernapasan," jelas Sumule.

Dr Sumule yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinkes Papua mengakui warga yang diperiksa melalui rapid tes positif belum tentu terpapar karena harus diulang melalui PCR.

Karena itu pihaknya berharap masyarakat tidak perlu takut untuk menjalani pemeriksaan dan tetap mengikuti anjuran pemerintah yakni tidak berkumpul dan keluar rumah bila tidak penting dan selalu menjaga kebersihan dengan menggunakan masker dan cuci tangan, kata dr Sumule.

 JUMLAH KASUS COVID-19 NASIONAL

Pemerintah mencatat adanya penambahan kasus baru pasien positif virus Corona (Covid-19) di Indonesia, yakni sebanyak 297 orang, sehingga total pasien terkonfirmasi Covid-19 menjadi 5.136 kasus. Juru Bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan data tersebut diperoleh hingga siang ini, Rabu (15/4/2020). 

Menurutnya, data terbaru itu dihimpun dari seluruh rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 di seluruh Indonesia. Penambahan kasus positif Covid-19 itu diperoleh dari hasil pemeriksaaan polymerase chain reaction (PCR). 

"Maka, total pasien yang positif kini yang telah terkonfirmasi menjadi 5.136 kasus," jelas Yuri, sapaan Yurianto, dalam konferensi pers, Rabu (15/4/2020).

Selain itu, ada penambahan kasus meninggal sebanyak 10 kasus. Dengan demikian, hingga saat ini sudah ada 469 orang yang meninggal akibat virus Corona di Indonesia. Di sisi lain, ada peningkatan sebanyak 20 pasien yang dinyatakan sembuh. Dengan begitu, total ada 446 pasien yang telah sembuh.  

Atas tingginya pasien yang meninggal karena virus Corona ini, disesalkan oleh pemerintah. "Kita harus sesalkan saudara-saudara kita yang meninggal. Ini membuktikan masih ada orang yang positif Corona di tengah masyarakat," ucap Yuri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua Virus Corona covid-19

Sumber : Antara

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top