Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penumpang Asal Jakarta Tulari Corona 39 Orang, KM Kelud Dikarantina di Belawan

Kapal Pelni KM Kelud yang mengangkut penumpang diduga positif tertular Viros Corona atau Covid-19 asal Jakarta dikarantina di Pelabuhan Belawan Medan, Senin (13/4/2020). Rupanya 39 penumpang dan ABK (anak buah kapal) ikut tertular Corona.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 April 2020  |  12:07 WIB
Ilustrasi: Penumpang KM Kelud dari Pulau Jawa dan Batam turun dari kapal saat tiba di Terminal Dermaga Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatra Utara, Senin (13/7). - Antara/Septianda Perdana
Ilustrasi: Penumpang KM Kelud dari Pulau Jawa dan Batam turun dari kapal saat tiba di Terminal Dermaga Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatra Utara, Senin (13/7). - Antara/Septianda Perdana

Bisnis.com, MEDAN - Kapal Pelni KM Kelud yang mengangkut penumpang diduga positif tertular Viros Corona atau Covid-19 asal Jakarta dikarantina di Pelabuhan Belawan Medan, Senin (13/4/2020). Rupanya 39 penumpang dan ABK (anak buah kapal) ikut tertular Corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dr Aris Yudhiriansyah saat dikonfirmasi membenarkan bahwa kapal KM Kelud akan dikarantina di Pelabuhan Belawan.

Namun demikian, ia mengaku saat ini pihaknya masih menjalin koordinasi dengan pihak Pelni dan KKP terkait kedatangan kapal yang dijadwalkan berlabuh Senin sore.

"Kami sedang koordinasi dengan KKP, Pelindo dan Dinkes Medan untuk proses pemeriksaan," katanya Senin (13/4/2020), seperti dilaporkan Antara.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebelumnya KM Kelud berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan bersandar di pelabuhan Batu Ampar Kota Batam.

Total penumpang yang dibawa sebanyak 111 orang, dimana 31 orang turun di pelabuhan batu Ampar, 44 orang turun di pelabuhan Tanjung Balai Karimun dan 36 orang turun di Pelabuhan Belawan.

Saat dilakukan pemeriksaan oleh KKP Kelas 1 Khusus Batam terhadap anak buah kapal (ABK), diketahui salah seorang diantaranya yang berinisial TF, positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test.

Petugas kemudian melakukan tracing terhadap para penumpang dan ABK dan didapati 39 lainnya juga positif Covid-19.

Selanjutnya, TF dirujuk ke RSBP Batam untuk menjalani proses isolasi, sementara 39 orang lainnya di evakuasi RS Infeksi Khusus Galang dengan menggunakan satu unit Hiace Ambulance KKP dan satu unit Bus Trans Pemko Batam dikawal voorijdes dari Denpom 1/6 Batam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelni pelabuhan belawan Virus Corona covid-19

Sumber : Antara

Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top