Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menteri BUMN Terima Donasi dari Relawan Indonesia Bersatu

Ketua Relawan Indonesia Bersatu Vica Vayera mengatakan bahwa Relawan Indonesia Beratu merupakan aksi sosial dari 16 yayasan dan perusahaan nasional. Sebagian dari total sumbangan tersebut akan didistribuskan ke Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP), Jakarta Selatan.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 07 April 2020  |  20:53 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir memeriksa penyelesaian Rumah Sakit Pertamina Jaya dan persiapan Lab untuk Covid-19, Senin (6/4 - 2020). Istimewa.\n
Menteri BUMN Erick Thohir memeriksa penyelesaian Rumah Sakit Pertamina Jaya dan persiapan Lab untuk Covid-19, Senin (6/4 - 2020). Istimewa.\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Relawan Indonesia Bersatu menyerahkan bantuan alat kesehatan dan alat pelindung diri (APD) kepada Kementerian Badan usaha Milik Negara (BUMN) yang akan digunakan untuk penanganan pasien virus corona di Indonesia.

Gerakan Relawan yang diinisiasi oleh Garibaldi Thohir—kakak kandung Menteri BUMN Erick Thohir—tersebut menyerahkan bantuan berupa 15 ventilator dari PT cikarang Listrindo Tbk. dan 3.250 baju hazmat.

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi bantuan tersebut sebagai bentuk kerja sama seluruh pihak dalam menangani virus corona. Dia mengharapkan bantuan dari berbagai pihak dapt membantu penanganan virus tersebut.

“Harapannya bantuan dari berbagai pihak terus bertambah agar dapat membantu penanganan Covid-19. Saya haturkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya bagi para donatur yang telah berpartisipasi, bantuan kalian semakin menyemangati kami untuk terus berjuang melawan wabah ini,” katanya, Selasa (7/4/2020).

Ketua Relawan Indonesia Bersatu Vica Vayera mengatakan bahwa Relawan Indonesia Beratu merupakan aksi sosial dari 16 yayasan dan perusahaan nasional. Sebagian dari total sumbangan tersebut akan didistribuskan ke Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP), Jakarta Selatan.

“Komitmen kami dari Relawan Indonesia Berasatu adalah untuk dapat memberikan donasi dalam beberapa tahap. Ini merupakan wujud kontribusi kami dalam membantu dan mendukung Indonesia agar dapat segera melalui pandemi ini," katanya.

Adapun, 16 yayasan dan perusahaan nasional yang bergabung dalam Relawan Indonesia Bersatu adalah Yayasan Wahana Artha, Wahana Artha Group, PT Adaro Energy Tbk, MSJ, Harum Energy, PT Cikarang Listrindo Tbk, Northstar, BFI Finance, Triputra Group, Persada Capital Investama, PT Panca Amara Utama, PT Surya Esa Perkasa Tbk, Rock Pool, CBS Holdings, PT. Impack Pratama Industri Tbk, dan Altira.

Pada hari ini, Kementerian BUMN juga menerima bantuan dari Kementerian Sosial dan 13 donatur lainnya. Bantuan tersebut berupa 20.000 alat APD dan didistribusikan ke jaringan RS BUMN difungsikan sebagai RS khusus penanganan pasien Covid-19.

Saat ini, Kementerian BUMN memiliki sekitar 65 RS di bawah naungan perusahaan pelat merah. Dari jumlah itu, sebanyak 35 RS BUMN difungsikan sebagai RS rujukan penanganan Covid-19 dengan kapasitas kamar rawat inap sebanyak 2.441 dan intensive care unit (ICU) sebanyak 611.

Berikut ini daftar 35 RS BUMN tersebut:

Zona 1
1. RS Pelni DKI Jakarta
2. RS Pusat Pertamina DKI Jakarta
3. RS Pertamina Jaya DKI Jakarta
4. RS Krakatau Medika Banten
5. RS PHC Jawa Timur
6. RS Lavallete Jawa Timur
7. RS Toeloengredjo Jawa Timur
8. RS Gatoel Jawa Timur
9. RS Perkebunan Jember Jawa Timur
10. RS Pelabuhan Jakarta DKI Jakarta
11. RS Pelabuhan Cirebon Jawa Barat
12. RS Kaliwates Jawa Timur
13. RS PTPN VIII Subang Jawa Barat
14. RS Bhakti Husada Banten
15. RS Pertamina Cirebon Jawa Barat
16. RS Wonolangan Jawa Timur
17. RSI Garam Kalianget Jawa Timur
18. RS Djatiroto Jawa Timur
19. RS Elizabeth Jawa Timur
20. RS Medika Utama Jawa Timur
21. RS Petrokimia Gresik Jawa Timur
22. RS Semen Gresik Jawa Timur

Zona 2
23. RS Pertamina Balikpapan Kalimantan Timur
24. RS Sri Pamela Sumatera Utara
25. RS Pertamina Pangkalan Brandan Sumatera Utara
26. RS Bakti Timah Karimun Kepulauan Riau
27. RS Laras Sumatera Utara
28. RS Tanjung Selamat Sumatera Utara
29. RS Pabatu Sumatera Utara
30. RS Balimbingan Sumatera Utara
31. RS dr. G.L Tobing Sumatera Utara
32. RS Bangkatan Sumatera Utara
33. RS PHC Medan Sumatera Utara
34. RS Pertamina Sorong Papua Barat
35. RS Pertamina Cilacap Jawa Tengah

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN bantuan sosial
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top