Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ganjar Pranowo Sebut PSBB Belum Jadi Pilihan Jawa Tengah

Kendati begitu, Pemprov Jateng mendorong Bupati dan Wali Kota untuk mencatat kondisi di lapangan terkait penyebaran Covid-19 sehingga siap untuk PSBB.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 07 April 2020  |  14:29 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima bantuan VTM sebanyak 1000 pcs untuk Jawa Tengah dari Lembaga Eijkman di Puri Gedeh pada Kamis (26/3/2020). - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima bantuan VTM sebanyak 1000 pcs untuk Jawa Tengah dari Lembaga Eijkman di Puri Gedeh pada Kamis (26/3/2020). - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan hingga saat ini pihaknya belum memilih untuk mengajukan permohonan PSBB kepada Menteri Kesehatan terkait pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayahnya.

Ganjar beralasan keputusan itu mesti dihitung dengan cermat terlebih dahulu. “PSBB sendiri bukan tujuan,” tutur Ganjar melalui keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Jakarta, pada Selasa (7/4/2020).

Kendati demikian, dia mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong Bupati dan Wali Kota untuk menghitung dan mencatat kondisi di lapangan terkait penyebaran Covid-19.

“Sehingga Jika PSBB dibutuhkan mereka sudah siap,”ujarnya.

Ihwal upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Ia menerangkan pihaknya masih mengatur dan mengimbau agar masyarakat  tidak mudik.

“Sosialisasi terus dengan upaya promotif, preventif dan menyiapkan antisipasi isolasi,”ujarnya.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah resmi menyetujui permohonan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Ibu Kota pada Selasa pagi (7/4/2020). 

Mengenai pemberlakuan PSBB di DKI Jakarta, Menkes Terawan menyatakan bahwa hal tersebut tergantung pada keputusan Pemprov DKI Jakarta.

“Untuk berlakunya terserah Gubernur [DKI Jakarta Anies Baswedan]. Yang penting izin sudah saya berikan,” kata Terawan kepada Bisnis, Selasa (7/4/2020). 

Lebih lanjut, Terawan menyatakan keputusan persetujuan terhadap permohonan penetapan PSBB telah dikirimkan ke Pemprov DKI Jakarta pada hari ini. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa tengah nasional ganjar pranowo Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top