Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waduh! 1.200 Hotel Tutup Akibat Wabah Corona

Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran menyatakan sebanyak 1.200 hotel saat ini tutup lantaran terdampak wabah Corona. 
Ilustrasi hotel
Ilustrasi hotel

Bisnis.com, JAKARTA – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyebut adanya ribuan hotel yang tutup karena terdampak wabah virus Corona. 

Hal tersebut disampaikan, Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran. Dia menyatakan sebanyak 1.200 hotel saat ini tutup lantaran terdampak wabah Corona. 

Jumlah tersebut diperkirakan masih dapat bertambah apabila pandemi Corona berlangsung berkepanjangan.

"Dampaknya ini dirasakan oleh hotel di semua daerah karena memang enggak ada tamu. Ada pun hanya sedikit," ujar Maulana, Sabtu (4/4/2020).

Maulana menyebutkan, pengusaha hotel telah kehilangan pasarnya saat virus Corona mulai masuk ke Indonesia. Kondisi itu rata dirasakan secara menyeluruh di semua daerah. 

Dia mengungkapkan faktor utamanya disebabkan karena konsumen terbesar bagi hotel adalah tamu domestik yang sebagian besar menginap untuk kepentingan bisnis. 

Jumlah keseluruhan tamu domestik ini pun mencapai hingga 300 juta kunjungan. Dengan adanya virus Corona, maka perjalanan-perjalanan dinas pun dihentikan untuk sementara. Hal itu otomatis mempengaruhi okupansi hotel.

Menurut Maulana, tutupnya sejumlah hotel disebabkan oleh ketidakmampuan operator menanggung biaya operasional tanpa ada pemasukan dari arus kas.

Dia juga tidak menyangkal bahwa kondisi ini menyebabkan sejumlah hotel merumahkan karyawannya.

"Ada yang melakukan PHK (pemutusan hubungan karyawan), tetapi tidak banyak. Kebanyakan melakukan unchecklist, karena kalau PHK mereka butuh biaya lagi (untuk membayar uang PHK)," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper