Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

ASN Dilarang Mudik, Diminta Bantu Sosialisasikan Imbauan 'Jangan Mudik'

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo membatasi aparatur sipil negara untuk bepergian ke luar daerah termasuk mudik jelang Ramadan dan Lebaran.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  14:18 WIB
Loading the player ...
Sekretaris MenPANRB Dwi Wahyu Atmaji dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana saat video conference Senin (30/3 - 2020).

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo membatasi aparatur sipil negara untuk bepergian ke luar daerah termasuk mudik jelang Ramadan dan Lebaran.

Kebijakan itu dikeluarkan MenPANRB melalui surat edaran nomor 36/2020 tentang pembatasan kegiatan pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah dan mudik bagi ASN dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Menpan melalui SE ini meminta seluruh ASN berpartisipasi membantu agar penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas dan dapat ditekan semaksimal mungkin.

“Antara lain, pertama meminta ASN tidak mudik dalam Idulfitri tahun ini. Sekali lagi ini dalam rangka mendukung langkah pemerintah untuk social distansing menekan penyebaran seminimal mungkin,” kata Sekretaris MenPANRB Dwi Wahyu Atmaji saat virtual press conference di Jakarta, Senin (30/3/2020).

Selain itu, para ASN juga diminta untuk memberikan mengkampanyekan kepada masyarakat di lingkungan sekitar agar tidak mudik, termasuk mengedukasi warga soal social distancing atau menjaga jarak dan physical distancing. Dwi Wahyu menyebut langkah itu untuk mendukung pemerintah agar penyebaran pandemi ini tidak semakin meluas.

“ASN diminta ikut peduli terhadap masyarakat lain yang kita tahu banyak yang terdampak akibat Covid-19 ini. Kepedulian ini bisa diberikan ke tetangga yang kurang beruntung supaya ada kepedulian sosial,” ujarnya.

KemenPANRB juga memperpanjang masa kerja dari rumah bagi para ASN hingga 21 April 2020. Selama tiga minggi ke depan, mereka diminta tetap bekerja dari rumah dan melaporkan setiap pekerjaan harian selama bekerja dari kediaman masing-masing.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pns Mudik Lebaran Virus Corona ASN
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top