Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berkebun Mampu Usir Rasa Bosan di Rumah

Social distancing diharapkan memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19). Namun, social distancing bisa menyebabkan rasa bosan di rumah.
Devi Sri Mulyani
Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 29 Maret 2020  |  20:49 WIB
Berkebun bisa usir kebosanan saat social distancing. - Istimewa
Berkebun bisa usir kebosanan saat social distancing. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Berkebun bisa menghilangkan kebosanan dan menciptakan kegiatan baru bagi kelompok berusia lanjut, di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Ketua Aliansi Telemedia Indonesia Purnawan menyarankan masyarakat untuk berkebun sebagai salah satu aktivitas alternatif selama menjalani social distancing dan physical distancing. Menurutnya, berkebun sangat cocok bagi kelompok berisiko tertular seperti lanjut usia dan penderita diabetes.

"Banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya menanam pohon di pekarangan rumah, itu bisa membantu mengendalikan emosi selama di social distancing," tulis Purnawan dalam keterangan resmi, Minggu (29/3/2020).

Purnawan menambahkan jika kegiatan mengasuh cucu juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi lansia untuk menghalau kebosanan di rumah.

Meskipun demikian, tetap harus ada hal – hal yang perlu diperhatikan bahwa kelompok usia lanjut memiliki kerentanan untuk terjangkit, sementara cucu yang memiliki ketahanan imun tetap bisa menjadi ‘carrier’ untuk orang di sekitarnya.

Saat ini pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memang sedang gencar menginstruksikan kepada masyarakat untuk tetap tinggal di rumah, sekaligus tetap menjaga kebersihan dan kesehatan. salah satunya dengan memberikan edukasi dan saran – saran untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat selama social distancing.  

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perkebunan Virus Corona Manula covid-19 covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top