Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Banyak Bisnis Tutup, Ekonomi Uni Eropa Tertekan

Uni Eropa jatuh ke dalam krisis ekonomi terbesar dalam sejarah ketika upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 membuat banyak bisnis terganggu.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  17:57 WIB
Bursa Efek Frankfurt, Jerman. - Bloomberg
Bursa Efek Frankfurt, Jerman. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA—Uni Eropa jatuh ke dalam krisis ekonomi terbesar dalam sejarah ketika upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 membuat banyak bisnis terganggu. IHS Markit, indeks yang mengukur aktivitas swasta merosot tajam ke level terendah sejak indeks tersebut mulai ada.

Berdasarkan laporan yang dirilis HIS Markit, penurunan tercatat terjadi di semua kawasan. Sektor jasa terpukul sangat hebat dibandingkan dengan manufaktur, terutama industri pariwisata, perjalanan, dan restoran. Indeks melorot menjadi 31,4 pada Maret 2020 dari sebelumnya 51,6.

“Aktivitas bisnis di zona Uni Eropa merosot pada Maret, melebihi yang terjadi pada krisis keuangan global. Sentiment bisnis satu tahun ke depanjuga terjun bebas ke rekor terburuk, menunjukkan upaya pembuat kebijakan hingga saat ini belum bisa mengubah keadaan,” kata Ketua Ekonom HIS Markit Chris Williamson, dikutip dari Bloomberg, Selasa (24/3/2020).

Bank Sentral Eropa telah berjuang untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh virus corona dengan merilis paket stimulus ke sistem keuangan, termasuk program pembelian obligasi senilai 750 miliar euro (US$811 miliar) dan kebijakan untuk mengarahkan likuiditas ke pelaku usaha kecil dan menengah.

Pemerintah juga berkomitmen untuk memperluas stimulus fiskal dan jaminan pinjaman untuk memacu ekonomi hingga krisis akibat pandemik Covid-19 berakhir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uni eropa Virus Corona

Sumber : Bloomberg

Editor : Rivki Maulana
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top