Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sudah Sembuh, Pasien 01 Minta Masyarakat Tidak Panik Terkait Covid-19

Tiga pasien Covid-19 dengan kode kasus 01,0 2 dan 03 yang telah dinyatakan sembuh berpesan agar seluruh masyarakat Indonesia tidak panik ihwal wabah Covid-19.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 16 Maret 2020  |  20:21 WIB
Pasien Virus Corona Kasus 01 yang dinyatakan sembuh total tengah menerima bingkisan botol berisi jamu ramuan Presiden Joko Widodo. Jamu itu diserahkan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat melepas kepulangan pasien 01, 02, dan 03 di RSPI Sulianto Saroso, Senin (16/3/2020). - Bisnis/Nyoman Ary Wahyudi
Pasien Virus Corona Kasus 01 yang dinyatakan sembuh total tengah menerima bingkisan botol berisi jamu ramuan Presiden Joko Widodo. Jamu itu diserahkan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat melepas kepulangan pasien 01, 02, dan 03 di RSPI Sulianto Saroso, Senin (16/3/2020). - Bisnis/Nyoman Ary Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga pasien Covid-19 dengan kode kasus 01,0 2 dan 03 yang telah dinyatakan sembuh berpesan agar seluruh masyarakat Indonesia tidak panik ihwal wabah Covid-19. Pasien 02 mengatakan virus itu dapat diatasi dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga pola hidup sehat.

“Jadi kita punya kekuatan untuk menyembuhkan, asalkan, kita disiplin minum air putih, istirahat yang benar, dan laksanakan pola hidup bersih dengan rajin cuci tangan,” kata dia saat memberikan keterangan pers di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, pada Senin (16/3/2020).

Ia meminta agar masyarakat menjalankan anjuran pemerintah untuk mengurangi interaksi sosial selama wabah Covid-19 ini berlangsung. Hal itu, menurutnya, dapat mengurangi potensi penyebaran virus ke pada masyarakat yang lebih luas. Apalagi, ia mengimbuhkan, infeksi yang dialaminya tidak memiliki gejala-gejala klinis tertentu.

“Itu sebenarnya lebih berbahaya karena kita melakukan aktifitas seperti biasa dan bisa menularkan ke orang yang yang daya tahan tubuh dan kesehatannya lebih lemah dari kita,” kata dia.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto bersyukur atas kesembuhan tiga pasien tersebut yang sempat dirawat di RSPI Sulianti Saroso untuk menjalani masa isolasi. Ucapan syukur itu, disampaikan Terawan dengan memberikan dua botol Jamu titipan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat turut memberi keterangan terkini ihwal Covid-19 di RSPI Sulianti Saroso.

Terawan mendapatkan amanat dari Presiden Presiden untuk menyerahkan dua botol jamu titipan Jokowi. Satu botol untuk pasien 01 dan 02 karena tinggal serumah dan satu lagi untuk pasien 03.

"Saya membawakan buah tangan dari Bapak Presiden untuk bekal 3 pasien yang sudah sehat. Berupa jamu ramuan dari Bapak Presiden sendiri, supaya kesehatannya tetap terjaga," ujarnya saat menyerahkan dua botol obat tersebut.

Jumlah pasien positif terjangkit virus Corona atau Covid-19 hingga Senin (16/3/2020) bertambah 17 kasus menjadi 117 pasien. Sekitar 82 persen dari kasus baru itu berasal dari spesimen rumah sakit di Jakarta.

"Sampai tadi siang, artinya dari pengiriman spesimen hingga Minggu sore (15/3/2020), ada 17 kasus baru. Dari Jawa Barat satu orang, Banten satu orang, Jawa Tengah satu orang, dan dari DKI Jakarta 14 orang," ujarnya seusai melepas kepulangan Pasien 01, Pasien 02, dan Pasien 03 dari Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianto Saroso.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Andhika Anggoro Wening
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top