Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kegiatan Belajar Disesuaikan untuk Antisipasi Virus Corona, Ini Daftar Kampusnya

Beberapa di antara perguruan tinggi yang sudah menyebarkan edaran menghimbau pengajar dan mahasiswa untuk melakukan KBM secara daring atau ditunda selama beberapa hari ke depan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 14 Maret 2020  |  12:30 WIB
Kampus Stan - Istimewa
Kampus Stan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - World Heatlh Organization telah menyatakan Covid-19 sebagai pandemi dan sebagian besar institusi telah menghimbau masyarakat di seluruh dunia untuk mengurangi kegiatan di luar rumah.

Penyebaran virus corona di Indonesia juga membuat sejumlah universitas memutuskan untuk menyesuaikan kegiatan belajar mengajar (KBM) sementara waktu.

Beberapa di antara perguruan tinggi yang sudah menyebarkan edaran menghimbau pengajar dan mahasiswa untuk melakukan KBM secara daring atau ditunda selama beberapa hari ke depan.

Sebagian besar pihak kampus juga membatasi kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar.

1. Politeknik Keuangan Negara STAN menunda perkuliahan semester genap tahun ajaran 2019/2020 bagi mahasiswa non-PKL (selain semester V Diploma III Reguler dan Semester V Diploma IV Reguler) yang semula akan dimulai pada 16 Maret 2020 menjadi 13 April 2020.

2. Universitas Muhammadiyah Surakarta menghimbau seluruh dosen dan mahasiswa untuk memaksimalkan sistem KBM daring. Surat edaran yang diterbitkan pada Sabtu (14/3), ini merupakan arahan langsung dari Wakil Rektor I UMS Muhammad Dai sebagai bentuk tindak lanjut dari edaran rektor yang diterbitkan sebelumnya mengenai pencegahan virus corona.

3. Sekolah Tinggi Manajemen PPM memutuskan untuk mengadakan seluruh program studi secara daring selaa semester genap 2019/2020 periode Maret-Juli. Semua pengajar dan mahasiswa dihimbau untuk menjaga kesehatan selama wabah masih menyebar.

4. Universitas Media Nusantara melaksanakan ujuan tengah semester (UTS) secara daring dan perkuliahan dilanjutkan pada 30 Maret 2020, juga dilakukan secara daring.

5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) meniadakan sesi kuliah tatap muka untuk program pascasarjana pada Sabtu (14/3), dan dialihkan melalui pemanfaatan teknologi informasi. Adapun untuk pelaksanaan UTS untuk program pascasarjana dan sarjana akan dilakukan dengan pemberian tugas atau take home exam.

Kebijakan ini juga menghimbau agar kegiatan kemahasiswaan di kampus jingga dapat dikurangi mulai Sabtu (14/3) hingga dua pekan ke depan.

6. Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) menghimbau seluruh dosen untuk melakukan KBM secara daring pada 16-27 Maret 2020.

Rektor UGM Panut Mulyono menghimbau agar seluruh sivitas akademika UGM menangguhkan perjalanan ke luar negeri dan menganjurkan mereka yang baru saja kembali dari luar negeri, terutama dari negara-negara yang sudah terinfeksi Covid-19 untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sejak kepulangan ke Tanah Air.

7. Universitas Pembangunan Jaya memberlakukan kegiatan perkuliahan mulai 23 Maret-3 April 2020 secara daring dan memberlakukan sistem ujian secara daring.

Dalam langkah antisipasi pencegahan Covid-19, rektor universitas juga mengimbau seluruh dosen yang melakukan kelas secara tatap muka harus melapor kepada Ketua Prodi dan disetujui oleh dekan, serta melakukan konfirmasi kepada Biro Pendidikan minimal 3 hari sebelum kelas berlangsung.

Di samping itu, kegiatan bimbingan tugas akhir juga dianjurkan untuk dilakukan secara daring.

8. Universitas Tarumanegara akan memberlakukan sistem KBM daring mulai 23 Maret 2020 hingga ada pemberitahuan lebih lanjut. UTS yang akan dilaksankan pada tanggal yang sama akan dilakukan dengan pemberian tugas atau take home exam.

Pihak universitas meniadakan sistem kewajiban minimal kehadiran 75% untuk mahasiswa pada pembelajaran semester Genap 2019/2020 serta menunda seluruh kegiatan kemahasiswaan untuk sementara waktu.

9. Fashion Design and Business School ESMOD Jakarta turut memberlakukan sistem KBM daring atau metode alternatif lainnya yang berlaku sampai dengan 3 April 2020. KBM akan kembali normal pada 6 April 2020. Pihak kampus juga mengimbau agar para mahasiswa tetap waspada dan menjaga kesehatan.

10. London School of Public Relations mengambil langkah preventif dengan memberlakukan seluruh kegiatan, akademik dan non-akademik, secara daring selama dua pekan ke depan mulai 18 Maret-31 Maret 2020.

Kebijakan ini akan berlaku untuk seluruh program studi dan kegiatan akademis di LSPR termasuk program sarjana, kelas internasional, program pascasarjana, LSPR Bali, LSPR PJJ, dan London School Beyond Academy.

11. Telkom University mengumumkan penundaan pelaksanaan seluruh kegiatan akademik dan non akadeimk, terlebih yang melibatkan konsentrasi massa dalam jumlah besar, di dalam lingkungan kampus maupun di luar, sampai dengan waktu yang dinyatakan aman oleh pemerintah.

12. Universitas Pelita Harapan memberlakukan uji coba sistem KBM daring mulai 18 Maret 2020 sementara pihak kampus menyiapkan penyesuaian jadwal menjelang penerapan sistem daring sepenuhnya pada 23 Maret 2020 sampai dengan setidaknya 12 April 2020.

13. Universitas Prof. Dr. Moestopo memberlakukan sistem KBM daring mulai 16 Maret-27 Maret 2020. Perkuliahan tatap muka akan aktif kembali pada 30 Maret 2020. Pihak kampus juga meniadakan kegiatan kemahasiswaan yang melibatkan massa sampai Covid-19 mereda. Untuk pejabat struktural dan karyawan, tetap masuk kerja seperti biasa.

14. Universitas Sebelas Maret menerapkan kebijakan sistem KBM daring terhitung sejak 16 Maret-28 Maret 2020. Pihak kampus turut mengimbau penjadwalan ulang atau penggantian metode untuk kegiatan praktik laboratorium, praktik klinik, praktik lapangan, pratik industri dan praktik di berbagai institusi. Rektor UNS Jamal Wiwoho juga menganjurkan seluruh dosen dan mahasiswa untuk menunda atau perjalanan ke luar negeri yang tidak penting.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perguruan tinggi Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top