Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemendagri Minta Pemda Kembangkan KEK

Kemendagri mengatakan berdasarkan kajian KEK menjadi instrumen pertumbuhan ekonomi di daerah.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 18 Februari 2020  |  19:33 WIB
Master plan KEK Bitung. - Bitung.go.id
Master plan KEK Bitung. - Bitung.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kemendagri mendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan dan mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Pasalnya, KEK menjadi salah satu instrumen untuk pertumbuhan ekonomi daerah.

Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi, Direktur Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara (Waskoban) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengatakan berdasarkan kajian KEK menjadi instrumen pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Saat ini KEK sebagai instrumen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah perlu dilakukan penguatan kebijakan pemerintah daerah yang difokuskan agar dapat berkontribusi terhadap daya tarik investasi di dalam KEK,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (18/2/2020).

Kemendagri menyebutkan dalam rangka mempercepat pencapaian pembangunan ekonomi nasional, diperlukan peningkatan penanaman modal melalui penyiapan kawasan yang memiliki keunggulan ekonomi dan geostrategis.

Kawasan tersebut dipersiapkan untuk memaksimalkan kegiatan industri, ekspor, impor dan kegiatan ekonomi lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Pengembangan KEK, kata Thomas, bertujuan untuk mempercepat perkembangan daerah dan sebagai model terobosan pengembangan kawasan untuk pertumbuhan ekonomi. Selain itu, KEK juga dapat menciptakan lapangan kerja sehingga dibutuhkan kerja sama pemda untuk mendorong pengembangan KEK.

"Untuk itu dibutuhkan kerja sama pemda untuk mendorong pengembangan KEK untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor–sektor strategis ekonomi domestik," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendagri
Editor : Andhika Anggoro Wening
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top