Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

AHY Gantikan SBY Pimpin Demokrat?

Meski tak bisa memastikan terjadi suksesi, Syarief mengisyaratkan akan muncul pemimpin baru di Demokrat.
JIBI
JIBI - Bisnis.com 17 Februari 2020  |  09:45 WIB
Putra Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) dan istri Annisa Pohan (kanan) saat menyambangii kediaman Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri untuk berhalalbihalal, di Jakarta, Rabu (5/6/2019). - ANTARA FOTO/Reno Esnir
Putra Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) dan istri Annisa Pohan (kanan) saat menyambangii kediaman Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri untuk berhalalbihalal, di Jakarta, Rabu (5/6/2019). - ANTARA FOTO/Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA - Muncul spekulasi pergantian tampuk pimpinan tertinggi dari tangan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di kongres Partai Demokrat pada Mei 2020.

"Mungkin saja berubah kalau ada permintaan dari daerah, sejauh ini masih Mei (kongres)," kata Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, hari ini, Minggu (16/2/2020).

Meski tak bisa memastikan terjadi suksesi, Syarief mengisyaratkan akan muncul pemimpin baru di Demokrat. Saat ini, Demokrat dipimpin oleh pendiri yakni SBY dan sekretaris jenderal Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, yang juga putra bungsu SBY.

SBY menjabat Ketua Umum Demokrat sejak 2013 menggantikan Anas Urbaningrum yang kala itu menjadi tersangka kasus korupsi.

Syarief lagi-lagi meninggalkan teka-teki. Dia tak menjawab tegas pada saat ditanya apakah SBY akan lengser di kongres tahun ini.

"Belum tahu (apakah akan berganti). Kita lihat di kongres nanti, mudah-mudahan ada leader yang muncul lagi," ujar dia.

Apakah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang bakal menggantikan ayahnya?

Syarief pun tak menjawab dengan gamblang. Namun, menurut dia, anak sulung SBY tersebut belakangan gencar berkeliling daerah.

Dia menerangkan bahwa AHY memang bertugas melakukan konsolidasi kader dan kepengurusan di daerah.

Syarief menyerahkan kepada peserta kongres nanti mengenai kepastian AHY akan menjadi ketua umum yang baru.

"Mudah-mudahan para kader bisa memahami bahwa memang di Partai Demokrat semakin banyak orang-orang berkualitas seperti Mas AHY. Itu kan bagus menjadi pemimpin masa depan."

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sby partai demokrat

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top