Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Warga Jabodetabek Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem hingga Februari

BNPB meminta agar BPBD siaga mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana akibat curah hujan tinggi pada masa cuaca ekstrem.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 Januari 2020  |  10:43 WIB
Banjir merendam kawasan Jalan Jatinegara Barat, Kampung Pulo, Jakarta, Kamis (2/1/2020). - ANTARA /Nova Wahyudi
Banjir merendam kawasan Jalan Jatinegara Barat, Kampung Pulo, Jakarta, Kamis (2/1/2020). - ANTARA /Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengimbau agar warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi mewaspadai cuaca ekstrem yang menurut prakiraan meliputi kawasan tersebut selama Januari dan Februari 2020.

"Berdasarkan prediksi BMKG [Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika] cuaca ekstrem bakal terjadi pada 11 hingga 15 Januari, akhir Januari, dan pertengahan Februari," kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan dalam siaran pers BNPB, Kamis (9/1/2020).

Selain itu, menyusul beberapa bencana hidrometeorologis yang melanda sebagian Jabodetabek dan Provinsi Banten pada awal 2020, BNPB meminta agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah siaga mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana akibat curah hujan tinggi pada masa cuaca ekstrem.

BNPB meminta supaya BPBD provinsi meningkatkan kesiapsiagaan dan menyiapkan peringatan dini bencana banjir dan tanah longsor serta mengecek kondisi sarana prasarana terkait dengan pencegahan banjir seperti saluran air, tanggul, pompa air, dan pintu air.

"BPBD juga harus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat," kata Lilik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cuaca ekstrem BMKG

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top